STRATEGI EXTERIOR STORE ATMOSPHERE HASAN BATIK BANDUNG MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL DIFFERENCES - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MEDIVA DYAH FAJRIANI

Informasi Dasar

149 kali
24.05.095
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Industri batik di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini tidak terlepas
dari jasa para pelaku industri batik daerah baik pada skala besar maupun kecil. Kondisi tersebut
secara tidak langsung menimbulkan persaingan antar bisnis, hingga salah satu UMKM bernama
Hasan Batik Bandung yang mempelopori motif Batik Bandung mulai kehilangan eksistensi di
antara kompetitornya. Dari hasil observasi dan penyebaran kuesioner, ternyata hal ini
disebabkan oleh kondisi eksterior butik Hasan Batik Bandung yang belum memberikan visual
yang menarik perhatian dan terkesan tertutup menurut para calon konsumen, sehingga belum
berhasil menimbulkan perilaku konsumen. Oleh karena itu, penelitian dan perancangan tentang
strategi membangun exterior store atmosphere sebuah butik batik dilakukan menggunakan
pendekatan penelitian  Individual Differences. Pengumpulan data dilakukan melalui proses
observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara yang kemudian divalidasi menggunakan
metode triangulasi data dan dianalisis dengan matriks pembanding dan SWOT. Dengan
keterbatasan Hasan Batik Bandung sebagai UMKM, pemilihan strategi memperbaiki
kekurangan dengan memanfaatkan peluang yang ada perlu dilakukan dan diterapkan pada tiap-
tiap elemen eksteriornya, yaitu fasad, landscape, signage, pintu masuk, window display, dan
area parkir. Hasil penelitian ini kemudian juga menghasilkan rekomendasi desain yang juga
ditampilkan secara visual sebagai prototipe. 
 
Kata Kunci: Exterior, Hasan Batik Bandung, Perilaku Konsumen, Store Atmosphere

Subjek

MANAJEMEN STRATEGI PENELITIAN
EXTERIOR DESIGN,

Katalog

STRATEGI EXTERIOR STORE ATMOSPHERE HASAN BATIK BANDUNG MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL DIFFERENCES - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEDIVA DYAH FAJRIANI
Perorangan
Didit Widiatmoko Suwardikun, I Dewa Alit Dwija Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1E3 - DESAIN DAN BISNIS
  • DMI1G3 - DESAIN DAN BRANDING
  • DMI1B3 - DESAIN DAN BUDAYA
  • DMI1F3 - DESAIN DAN INOVASI
  • DMI1C3 - DESAIN DAN MANUSIA
  • DMI2A4 - DESAIN DAN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini