Efektivitas Ensemble Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen Ulasan Aplikasi Lazada di Google Play - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

KEENAN ARIQUL HASHIM

Informasi Dasar

167 kali
24.04.836
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lonjakan pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah menyebabkan munculnya banyak marketplace online baru, termasuk aplikasi Lazada. Dalam aplikasi ini, pengguna menghadapi berbagai pengalaman dan dapat berbagi pandangan mereka melalui ulasan, menyoroti kelebihan dan kelemahan. Namun, kelimpahan ulasan pengguna membuatnya sulit untuk mengekstrak informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan individual. Oleh karena itu, menggunakan analisis sentimen menjadi solusi yang memungkinkan untuk menyaring data ulasan pengguna, memberikan penilaian menyeluruh terhadap kualitas aplikasi Lazada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Ensemble Learning, khususnya menggunakan pendekatan Voting. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan efektivitas antara Na ??ve Bayes tunggal dan metode Voting. Multinomial Na ??ve Bayes menunjukkan akurasi dan F1-Score lebih tinggi dibandingkan dengan model klasifikasi lainnya, mencapai akurasi 89,1% dan F1-Score 89,65%.

Subjek

DATA SCIENCE
 

Katalog

Efektivitas Ensemble Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen Ulasan Aplikasi Lazada di Google Play - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEENAN ARIQUL HASHIM
Perorangan
Yuliant Sibaroni, Sri Suryani Prasetyowati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini