PERANCANGAN PENGGAYAAN ILUSTRASI VISUAL KONTEN MATERI PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI - STUDI KASUS PADA TELKOM UNIVERSITY BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD AHSANUL MUKMIN

Informasi Dasar

146 kali
24.05.102
005.118
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pembelajaran daring dalam Perguruan Tinggi sebagai sarana pendidikan jarak jauh yang dilakukan secara asinkronus membutuhkan kemandirian mahasiswa dalam pembelajaran. Permasalahan yang umumnya timbul dalam pembelajaran daring secara asinkronus khususnya dalam perkuliahan adalah mahasiswa tidak sepenuhnya memahami materi yang disampaikan oleh dosen sehingga masih membutuhkan kehadiran dosen secara sinkronus untuk berinteraksi terkait penyampaian materi. Kelengkapan dan kejelasan dalam penyampaian konten materi merupakan hal yang penting agar pembelajaran daring secara asinkronus dapat berjalan efektif. Aspek visual konten materi daring secara garis besar dibagi menjadi komponen gambar dan teks. Pengelolaan visual konten materi yang sesuai fungsi komunikasi grafik yang tepat dapat mengurangi beban kognitif ekstra yang tidak diperlukan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan capaian kognitif terhadap perbedaan penerapan penggayaan ilustrasi pada visual konten materi. Untuk mengkaji permasalahan itu akan dilakukan pendekatan kualitatif explanatory research deskriptif dengan studi kasus pada materi pengetahuan umum yang diujikan pada mahasiswa program studi Desain, Teknik dan Ekonomi/Bisnis dalam lingkup Universitas Telkom Bandung. Hal ini dilakukan untuk melihat pengaruh aspek visual terutama penggayaan ilustrasi dengan perbedaan karakteristik kelas mahasiswa. Dalam penelitian ini membandingkan tiga jenis konten ilustrasi untuk satu materi yang sama ilustrasi minimalis flat design yang minim detail, konten visual kedua menggunakan ilustrasi semi-realistis dengan tingkat detail yang sedang serta konten visual ketiga dengan menggunakan ilustrasi realistis dengan tingkat kedetailan yang tinggi dan akurat. Wawancara dengan mahasiswa juga dilakukan untuk memahami perbedaan karakteristik mahasiswa dalam memahami konten materi pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi dan perancangan dalam penerapan penggayaan ilustrasi dalam elemen materi visual sebagai strategi pembelajaran daring pada mahasiswa perguruan tinggi.

Subjek

E-LEARNING
ILUSTRATION,

Katalog

PERANCANGAN PENGGAYAAN ILUSTRASI VISUAL KONTEN MATERI PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI - STUDI KASUS PADA TELKOM UNIVERSITY BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD AHSANUL MUKMIN
Perorangan
Andreas Rio Adriyanto, Wirania Swasty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1C3 - DESAIN DAN MANUSIA
  • DMI2D6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini