Pemetaan Potensi Produk Tradisi Dadiah untuk Strategi Promosi (Studi Kasus: Dadiah Khas Sumatera Barat) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AMY MAULID

Informasi Dasar

182 kali
24.05.108
658.575 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dadiah merupakan produk pangan turun temurun masyarakat suku Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat. Dadiah adalah gumpalan susu berbau dan berasa asam yang dihasilkan dengan cara memeram susu kerbau dalam bambu. Dadiah merupakan produk tradisi Minangkabau yang memiliki prinsip dan nilai-nilai budaya. Dahulu Dadiah dijadikan makanan favorit pengganti lauk dan makan sampingan yang disantap menggunakan nasi dengan tambahan sambalado (cabai),  irisan bawang, dan sirih, namun saat ini Dadiah mengalami perubahan dan pergesaran akibat faktor intervensi, sehingga pergeseran ini dikhawatirkan berdampak negatif pada kelestarian produk tradisi Dadiah. Sehingga diperlukan adanya perubahan dengan melakukan inovasi dengan berlandaskan bahwa melestarikan tradisi dapat dilakukan dengan mendukung adanya perubahan dan perkembangan yang terjadi dengan tetap membawa nilai-nilai yang ada agar tradisi dapat terus bertahan karena dalam kehidupan nyata tidak ada sesuatu yang statis dan diam. Oleh sebab itu, Dadiah sebagai salah satu produk pangan tradisional yang merupakan perwujudan budaya masyarakat Minangkabau perlu dikembangkan, Limas Pemandu Inovasi merupakan metode yang dapat digunakan untuk dapat membantu menciptakan inovasi yang baik dan tepat dengan dengan menyisipkan unsur-unsur kebaruan namun tetap mempertahankan identitas tradisi yang kemudian dikembangkan menggunakan model AISAS sebagai metode perancangan. Pendekatan penelitian deskripstif kualitatif dengan menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka, sehingga didapatkan strategi rekomendasi berupa inovasi dengan menyisipkankan unsur-unsur kebaruan namun tetap membawa nilai-nilai yang ada pada Dadiah.

 

Kata kunci: Dadiah, Limas Pemandu Inovasi, Strategi Rekomendasi.

 

Subjek

DESAIN
PROMOTION,

Katalog

Pemetaan Potensi Produk Tradisi Dadiah untuk Strategi Promosi (Studi Kasus: Dadiah Khas Sumatera Barat) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMY MAULID
Perorangan
Fajar Ciptandi, Ira Wirasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1E3 - DESAIN DAN BISNIS
  • DMI1B3 - DESAIN DAN BUDAYA
  • DMI1F3 - DESAIN DAN INOVASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini