Dengan melonjaknya fenomena pengguna kendaraan bermotor hal ini membuka peluang bisnis cuci dan perawatan kendaraan bermotor salah satunya dalah yang saya teliti yaitu Shine & Clean Autocare yang berlokasi di Jl. Caringin no. 35, Kota Bandung. Shine & Clean Autocare Bandung menawarkan beberapa layanan diantaranya adalah layanan cuci, detailing dan coating kendaraan bermotor. Kenapa saya memilih Shine & Clean Autocare Bandung karena adanya keluhan dari pelanggan terkait layanan yang diberikan oleh Shine & Clean Autocare Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian quantitative dengan teknik sampling yaitu non-probability sampling dengan populasinya adalah seluruh masyarakat Kota Bandung yang sudah pernah menggunakan jasa dari Shine & Clean Autocare Bandung dan untuk sample adalah 100 orang masyarakat Kota Bandung yang sudah pernah menggunakan jasa dari Shine & Clean Autocare Bandung dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan studi kasus Shine & Clean Autocare Bandung.
Dari penelitian yang sudah diuji dengan Uji Validitas, Uji Realibitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji F, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic 26.0 dan mendapatkan hasil bahwa Kualitas Layanan yang diberikan oleh Shine & Clean Autocare Bandung termasuk kedalam kategori “Sangat Puas” dengan rata-rata skor total 88% yang berarti Kualitas Layanan yang diberikan oleh Shine & Clean Autocare Bandung dianggap baik oleh masyarakat, sedangkan untuk Kepuasan Pelanggan termasuk kedalam kategori “Sangat Puas” dengan rata-rata skor total 87% yang berarti Kepuasan Pelanggan Shine & Clean Autocare Bandung cukup tinggi, dan untuk Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara signifikan dengan besar nilai rSquare 0,527 atau 52,7%.
Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan