Dalam dunia bisnis, rekomendasi penjualan produk sangat penting untuk mendukung keputusan
bisnis sebuah perusahaan. Kebutuhan terkait rekomendasi penjualan produk diperlukan oleh
Kogu Coffee Shop Malang sebagai salah satu upaya strategi pemasaran. Salah satu alternatif
untuk menghasilkan rekomendasi penjualan produk yang tepat yaitu menggunakan Algoritma
FP-Growth (Frequent Pattern Growth). FP-Growth digunakan untuk mengidentifikasi pola
pembelian dari data transaksi yang sering terjadi antara produk-produk tertentu. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi penjualan produk yang tepat pada Kogu
Coffee Shop Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan CRISP-DM yang terdiri dari
business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation, dan
deployment. Evaluasi dilakukan sebanyak enam kali. Dari hasil evaluasi menunjukkan nialai
pattern 3 dan rules senilai 0,5 menghasilkan sembilan kombinasi association rules. Nilai
confidence tertinggi dari hasil association rules sebesar 75%. Hasil penelitian disajikan dalam
bentuk dashboard menggunakan Tableau Desktop. Dashboard terdiri dari grafik reomendasi
produk dari hasil association rules, distribusi kategori produk, daftar produk terlaris, tren
transaksi mingguan, distribusi jenis penjualan, dan distribusi metode pembayaran.
Rekomendasi produk ini dapat memberikan opsi strategi pemasaran dengan membuat
rekomendasi produk yang sesuai dengan pola pembelian pelanggan.
Kata Kunci: CRISP-DM, FP-Growth, Rekomendasi, Tableau, Transaksi