STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN UMKM BATIK WIKARSA MELALUI PEMANFAATAN PASAR EKSPOR INDONESIA- MALA YSIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CITRA TIFANY FAHIRA

Informasi Dasar

148 kali
24.05.125
746.662
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Batik sebagai warisan budaya Indonesia, diakui sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Batik adalah bagian yang sangat penting dari budaya Indonesia, di mana hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik yang khas, beragam, unik, menarik, dan mencerminkan budaya setempat. Batik secara kuat terhubung dengan tradisi adat istiadat bangsa Indonesia, sehingga memiliki nilai estetika yang otentik dan eksotis. Negara serumpun yaitu Malaysia memiliki kesamaan dalam hal tradisi adat istiadat dan kebudayaan salah satunya batik. Kesamaan antara Indonesia dan Malaysia yang memiliki produk batik dengan kekhasannya masing-masing, ketertarikan konsumen pada kedua negara terhadap produk batik, hubunga antar negara yang baik, serta adanya peluang ekspor berdasarkan kebijakan pemerintah Indonesia dan Malaysia. Oleh karena itu, penting untuk melestarikan batik di Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam industri batik menjadi salah satu pilar utama dalam upaya pelestarian batik. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM salah satunya adalah menentukan strategi desain yang tepat untuk melakukan ekspor batik. Masih jarang ditemukan adanya penelitian yang membahas mengenai hal tersebut, sehingga penulis melakukan penelitian mendalam mengenai strategi pengembangan desain UMKM Batik dalam melakukan kegiatan ekspor ke Negara Malaysia menggunakan Strategic Management Process Model. Ditemukan adanya kekuatan dan peluang yang dapat dikembangkan pada UMKM Batik Wikarsa dalam melakukan ekspor batik ke Malaysia, serta jenis produk, warna, motif batik, hingga material yang tepat digunakan bagi produk yang akan dipasarkan ke Malaysia.

Subjek

DESAIN
BATIK,

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN UMKM BATIK WIKARSA MELALUI PEMANFAATAN PASAR EKSPOR INDONESIA- MALA YSIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA TIFANY FAHIRA
Perorangan
Ira Wirasari, Wirania Swasty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DMI1E3 - DESAIN DAN BISNIS
  • DMI2A4 - DESAIN DAN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini