Indonesia menjadi negara dengan jumlah Muslim terbanyak, mencapai sekitar 231 juta individu atau 86,7% dari populasi total. Modest fashion di Indonesia berkembang pesat, didukung oleh pasar yang besar dan minat masyarakat yang tinggi. Meskipun modest fashion awalnya terkait erat dengan nilai-nilai agama, kini telah menjadi tren mode lintas budaya dan agama. Namun, pertumbuhan industri fashion juga menimbulkan dampak negatif, terutama dalam produksi tekstil yang cepat dan sisa material tekstil yang diperoleh dari proses produksi fashion yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan sebagai respon terhadap dampak negatif dari keadaan modest fashion yang terus berkembang pesat saat ini, konsep sustainable fashion muncul sebagai solusi holistik untuk mengatasi permasalahan, dengan potensi memberikan manfaat ekonomi kreatif sambil meminimalkan dampak lingkungan. Salah satu perusahaan modest fashion berpengaruh di Indonesia, yaitu PT. XYZ, dijadikan sebagai studi kasus untuk menganalisis praktik keberlanjutan yang telah dilakukan dan yang perlu diperhatikan sebagai bentuk tanggung jawab pelaku modest fashion. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, melalui observasi dan wawancara, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik keberlanjutan yang perlu diperhatikan pada suatu Perusahaan fashion berdasarkan teori sustainable fashion dari Kozlowski, dkk, dan implementasi dari praktik sustainable fashion melalui strategi sederhana dan perancangan koleksi dengan merangsang kesadaran akan pentingnya sustainable fashion dalam industri mode saat ini.
Kata Kunci : modest fashion, sustainable fashion, PT. XYZ, implementasi