Telkom University adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dan salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bojongsoang. Telkom University termasuk salah satu kampus yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran maupun sistem administratif. Permasalahan yang terjadi di Telkom University ada di proses pendaftaran yang dialami oleh mahasiswa dan dosen. Seperti yang terjadi di Fakultas Informatika, mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengakses informasi pendaftaran menjadi asisten dosen dan dosen kesulitan dalam pembuatan dan penyaluran informasi terkait pendaftaran asisten dosen. Permasalahan ini didapat dalam proses wawancara dengan lima asisten dosen dan lima dosen. Berdasarkan masalah yang disebutkan sebelumnya, maka solusinya yaitu perancangan protype pendaftaran asisten dosen berbasis website dengan metode User Centered Design (UCD) karena metode ini merupakan best practice untuk mengidentifikasi permasalahan diawal, menghindari kesalahan dalam projek, serta diharapkan mampu menghasilkan prototype berisi fitur yang mengatasi masalah pengguna, dan menjadi rekomendasi user interface website. Metode pengujian User Experience menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode ini digunakan karena cepat serta memberikan keuntungan dengan hasil komprehensif terhadap pengalaman pengguna.
Kata Kunci: User Interface. User Experience, Website, User Centered Design (UCD), User Experience Questionnaire (UEQ), Asisten Dosen, Dosen