Pada dasarnya, setiap badan usaha harus memiliki kualitas penjualan, pemesanan barang,
hingga manajemen stok yang baik dan tertata. Dalam kasus dari UD. Hamid II, sebagai
distributor genteng yang memiliki banyak pelanggan, hal tersebut membuat perusahaan tersebut
kesulitan mengelola penjualan yang semakin meningkat. Mulai dari pemesanan, hingga stok
barang gudang masih belum terkelola dalam suatu sistem. Hal ini tentu saja dapat menjadi
masalah di kemudian hari mengingat setiap transaksi yang di lakukan dengan pelanggan
menjadi kurang efisien, sering mengalami masalah, dan dapat di salahgunakan. Dalam hal ini,
penulis mengusulkan untuk membuat sistem manajemen penjualan genteng agar membantu
penjualan, proses pemesanan barang, hingga manajemen stok. Aplikasi yang di usulkan oleh
penulis berbasis web sehingga sangat mudah untuk diakses dimanapun. Setiap transaksi yang
dilakukan juga dapat lebih praktis dan terkelola dengan baik sehingga masalah seperti kejelasan
tiap pemesanan, hingga masalah kurangnya stok gudang dapat diatasi. Metode pengembangan
yang digunakan adalah metode Waterfall, Metode ini menggunakan pendekatan sistematis.
Dimulai dari tahap kebutuhan sistem kemudian dilanjutkan dengan analisyst, design, coding,
testing/verification, dan maintenance. Tahapan pengembangan sistem harus diselesaikan satu
persatu dan tidak dapat meloncat ke tahap berikutnya hingga mencapai tahap akhir dari
pembangunan aplikasi yang di inginkan oleh pihak UD. Hamid II. Hasil dari pembangunan
Sistem manajemen penjualan genteng berbasis web yang dipergunakan dalam kegiatan usaha
diharapkan dapat mempermudah dalam perhitungan proses mempercepat waktu transaksi serta
pengelolaan stok barang gudang yang lebih optimal dengan sistem yang telah dibangun.
Kata Kunci: UD. Hamid II, manajemen, penjualan, web, Waterfall.