Pada mata kuliah pemrograman, mahasiswa mempunyai aktivitas dan pola proses pembelajaran
e-learning yang berbeda. Pola proses pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan
belajar mahasiswa dalam situasi tertentu. Mata kuliah pemrograman merupakan mata kuliah
tahapan persiapan bersama serta mata kuliah landasan di semester selanjutnya, sehingga penting
bagi mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah pemrograman.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menganalisis dan merekomendasikan pola yang tepat
pada pembelajaran pemrograman dengan menggunakan event log. Event-log yang ada pada
matakuliah pemrograman mempunyai banyak aktivitas meliputi melihat modul pembelajaran,
modul praktikum, quiz, dan ujian tengah semester (UTS). Pengambilan data pada penelitian ini
akan dilakukan di Pusat Teknologi Informasi (PUTI) pada website E-learning di Institut
Teknologi Telkom Surabaya yang berfokus pada mata kuliah pemrograman di program studi
Sistem informasi dengan data yang digunakan meliputi case-id, aktivitas, nilai matakuliah,
waktu kegiatan dan waktu selesai kegiatan. Penelitian ini menggunakan metode algoritma alpha
miner karena metode alpha miner dapat membangun model proses berdasarkan event log
dengan memahami hubungan dan kausalitas. Process mining dilakukan dengan tiga tahapan
yaitu Proses discovery, conformance checking, dan enhancement. Penelitian ini berfokus Proses
discovery sampai conformance checking terhadap peningkatan pembelajaran mata kuliah
pemrograman. Hasil dari algoritma alpha miner dapat memodelkan Event Log kedalam model
proses dengan baik, dilihat dari perhitungan nilai fitness mata kuliah Pemrograman Website IS-
04-01 menunjukkan nilai 0.76. Sedangkan, nilai fitness mata kuliah Pemrograman Framework
IS-03-03 menunjukkan nilai 0,41. Dengan nilai yang mendekati angka 1, dapat disimpulkan
bahwa pola pembelajaran mahasiswa terhadap penggunaan e-learning sudah cukup baik.
Kata Kunci: Alpha Miner, Process Mining, Process Discovery, Event Log, Fitness.