Analisis Sinematografi dan Visual pada Video Klip NCT 2021 Beautiful - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANNIS NURRAHIM LESTARI

Informasi Dasar

24.04.1088
778.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sinematografi umumnya selalu berhubungan dengan film, namun dalam video klip musik pun memerlukan adanya sinematografi. Dalam pembuatan video klip musik, sama halnya dengan pembuatan film, sinematografi diperlukan agar cerita dan makna pada video dapat tersampaikan dengan baik. Video klip musik yang telah dianalisis pada penelitian ini adalah video klip musik NCT 2021 yang berjudul Beautiful. Lagu Beautiful merupakan salah satu lagu utama pada album ketiga NCT yang bertajuk Universe. Video klip Beautiful diunggah pada 14 Desember 2021 di kanal YouTube SM Entertainment.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis teknik sinematografi berdasarkan teori Bordwell-Thompson, dimana teknik penggunaan yang dianalisis adalah perspective lens, camera position, dan camera movement. Selain itu, menganalisis makna visual menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure dengan menganalisis penanda dan petanda pada scene yang telah dipilih.

Dari hasil analisa yang dilakukan, teknik sinematografi yang digunakan pada video klip tersebut diantaranya, menggunakan perspective lens middle focal, medium focal, short focal length, dan center focus. Posisi kamera yang digunakan yaitu, high-angle, low-angle, overhead-level, sitting-level, ground-level,  dan bird view, dengan jarak frame medium shot, close-up shot, dan long shot. Pergerakan kamera yang digunakan adalah still, panning, tilt, dan crane shot, yang mana pergerakan ini dilakukan menggunakan alat bantu berupa mesin crane khusus kamera. Video klip Beautiful ini memiliki makna bahwa tidak perlu membandingkan dan merasa iri terhadap kelebihan serta pencapaian orang lain, karena setiap individu memiliki kelebihan dan pencapaiannya masing-masing, dan bagaimana cara atau jalan untuk meraihnya pun berbeda.

Kata kunci: sinematografi, semiotika, video klip musik, video musik

Subjek

CINEMATOGRAPHY
VISUAL ANALYTICS.,

Katalog

Analisis Sinematografi dan Visual pada Video Klip NCT 2021 Beautiful - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNIS NURRAHIM LESTARI
Perorangan
Donny Trihanondo, Adrian Permana Zen
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Seni Rupa
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TA / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini