Peningkatan Frequency of Use berdasarkan Pengaruh Mobile App Usability, Enjoyment, dan User Experience untuk Perbaikan Aplikasi pada Layanan Ride-Hailing Nusantara Ojek - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DEYANA PRASTIKA PUTRI

Informasi Dasar

170 kali
24.05.168
025.5
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Popularitas layanan transportasi Online seperti Grab, Gojek, dan beberapa transportasi online lainnya yang berkembang di Indonesia telah membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai mengadopsi layanan transportasi online sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Salah satu startup transportasi online yang sedang berkembang di Indonesia adalah Nusantara Ojek (Nujek) yang didirikan sejak tahun 2018 di kota Surabaya. Dalam konteks yang dipenuhi oleh sejumlah besar pesaing di pasar layanan transportasi online, pengetahuan mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi of use sebuah layanan menjadi krusial. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel mobile app usability, enjoyment, dan user experience terhadap frequency of use dari pengguna layanan ride-hailing Nusantara Ojek dan memberikan usulan rancangan perbaikan mockup aplikasi untuk dapat meningkatkan frequency of use dari layanan ride hailing Nusantara Ojek. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur dan identifikasi permasalahan, pengembangan model penelitian, penyebaran kuesioner, pengolahan data, hingga rancangan usulan perbaikan berupa mockup aplikasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM, model yang telah dirancang terbukti valid dan reliabel. Pada pengujian hipotesis terdapat empat hipotesis diterima, keempat hipotesis tersebut merupakan Mobile App Usability memiliki pengaruh positif terhadap User Experience, Mobile App Usability memiliki pengaruh positif terhadap EnjoymentEnjoyment yang dirasakan oleh pengguna selama penggunaan aplikasi seluler akan berpengaruh positif pada User Experience, User Experience secara keseluruhan akan memengaruhi seberapa sering pelanggan menggunakan aplikasi.Hasil pengujian hipotesis ini selanjutnya dijadikan landasan dalam pembuatan rancangan. Proses perancangan melibatkan penyesuaian berdasarkan review Google Playstore dan In-depth Interview. Hasil rancangan perbaikan dievaluasi melalui usability testing menggunakan System Usability Scale, menghasilkan skor sebesar 78.75, menunjukkan penerimaan yang baik dari calon pengguna.Popularitas layanan transportasi Online seperti Grab, Gojek, dan beberapa transportasi online lainnya yang berkembang di Indonesia telah membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai mengadopsi layanan transportasi online sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Salah satu startup transportasi online yang sedang berkembang di Indonesia adalah Nusantara Ojek (Nujek) yang didirikan sejak tahun 2018 di kota Surabaya. Dalam konteks yang dipenuhi oleh sejumlah besar pesaing di pasar layanan transportasi online, pengetahuan mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi of use sebuah layanan menjadi krusial. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel mobile app usability, enjoyment, dan user experience terhadap frequency of use dari pengguna layanan ride-hailing Nusantara Ojek dan memberikan usulan rancangan perbaikan mockup aplikasi untuk dapat meningkatkan frequency of use dari layanan ride hailing Nusantara Ojek. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur dan identifikasi permasalahan, pengembangan model penelitian, penyebaran kuesioner, pengolahan data, hingga rancangan usulan perbaikan berupa mockup aplikasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM, model yang telah dirancang terbukti valid dan reliabel. Pada pengujian hipotesis terdapat empat hipotesis diterima, keempat hipotesis tersebut merupakan Mobile App Usability memiliki pengaruh positif terhadap User Experience, Mobile App Usability memiliki pengaruh positif terhadap EnjoymentEnjoyment yang dirasakan oleh pengguna selama penggunaan aplikasi seluler akan berpengaruh positif pada User Experience, User Experience secara keseluruhan akan memengaruhi seberapa sering pelanggan menggunakan aplikasi.Hasil pengujian hipotesis ini selanjutnya dijadikan landasan dalam pembuatan rancangan. Proses perancangan melibatkan penyesuaian berdasarkan review Google Playstore dan In-depth Interview. Hasil rancangan perbaikan dievaluasi melalui usability testing menggunakan System Usability Scale, menghasilkan skor sebesar 78.75, menunjukkan penerimaan yang baik dari calon pengguna.

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

Peningkatan Frequency of Use berdasarkan Pengaruh Mobile App Usability, Enjoyment, dan User Experience untuk Perbaikan Aplikasi pada Layanan Ride-Hailing Nusantara Ojek - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEYANA PRASTIKA PUTRI
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini