Sistem Pencegahan Pencurian Pada Truk Tangki Pengantar Bahan Bakar Dengan Metode Pneumatik - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FOGGY ALIEFFIO

Informasi Dasar

24.04.1108
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan sumber daya alam minyak dan gas bumi, minyak dan gas bumi merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Bahan bakar minyak (BBM) merupakan jenis bahan bakar yang dihasilkan dari proses pengilangan dan penyulingan minyak mentah. Minyak mentah dari perut bumi dapat diolah, kemudian masuk dalam proses pengilangan dan penyulingan terlebih dahulu untuk menghasilkan produk-produk minyak yang telah dibutuhkan, salah satu yang termasuk pengilangan dan penyulingan di dalamnya adalah BBM. Pengiriman bahan bakar minyak dari kilang minyak PERTAMINA menuju SPBU yang telah di tentukan menggunakan truk tangki pengantar bahan bakar yang dimiliki oleh PT. PERTAMINA. Namun hal tersebut mengakibatkan adanya aktivitas tangki kencing. Tangki kencing merupakan upaya pengambilan BBM dari truk tangki secara ilegal yang dilakukan oleh supir demi mendapatkan penghasilan lebih.

Pada penelitian ini peneliti telah merancang dan membuat sistem pencegahan aktivitas tangki kencing yang dapat merugikan perusahaan. Perancangan ini menggunakan door sensor yang akan di letakan pada pintu bottom loader. Data yang diterima oleh door sensor selanjutnya dikirim ke server, kemudian akan disimpan ke dalam server database yang selanjutnya akan ditampilkan di sisi aplikasi GPS Tracker. Sistem pencegahan pada penelitian ini mengolah data sensor dan data schedule dalam proses penerapan ini respon kontroler dapat dijelaskan dengan bagaimana responnya terhadap Real Time menggunakan metode pneumatik. Sistem pneumatik merupakan sistem penggerak yang dapat memanfaatkan tekanan udara sebagai tenaga penggerak.

Hasil pengujian yang di dapat dengan modul GPS mendapatkan nilai akurasi inside geofence dan outside geofence sebesar 3,8 meter sampai 4,6 meter. Kemudian hasil pengujian pembacaan rfid kartu terdaftar dan tidak terdaftar memiliki tingkat akurasi sebesar 100%.

Subjek

Pneumatic
 

Katalog

Sistem Pencegahan Pencurian Pada Truk Tangki Pengantar Bahan Bakar Dengan Metode Pneumatik - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FOGGY ALIEFFIO
Perorangan
Faisal Budiman, Brahmantya Aji Pramudita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini