FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WIRAUSAHA DALAM PEMILIHAN MARKETPLACE UNTUK BERBISNIS (STUDI KASUS: SHOPEE DAN TOKOPEDIA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD DIFA CAHYA UTAMA

Informasi Dasar

24.04.1192
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Marketplace adalah platform digital yang memfasilitasi interaksi dan pelaksanaan transaksi antara penjual dan pelanggan. Di dalam marketplace, penjual memiliki kesempatan untuk mempresentasikan produk atau layanan mereka kepada konsumen dengan memanfaatkan platform tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki tingkat kepentingan dan kinerja paling besar dalam memilih marketplace untuk menjalankan bisnis, serta menentukan indikator-indikator yang paling berpengaruh terhadap penilaian wirausaha dalam pemilihan pasar. Pada penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk menggambarkan proses menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja, data yang didapat akan diolah menggunakan tools SPSS untuk mendapatkan hasil tingkat kepentingan dan kinerja yang paling tinggi dalam memilih marketplace untuk berbisnis dan indikator – indikator yang paling mempengaruhi keputusan wirausaha dalam memilih marketplace. dalam peneltian ini, memiliki variabel trust, technical, platform interface, platform foundation, product, service operation, marketing and sales, payment channel, environmental. Hasil Penelitian Ini menunjukan bahwa variabel Faktor technical memiliki persentase importance terbesar dan Faktor platform foundation memiliki persentase performance terbesar. Pada hasil penelitian ini juga menunjukkan indikator yang berada pada kuadran II menunjukkan indikator yang paling mempengaruhi wirausaha dalam memilih marketplace, yaitu indikator Transaction, Information quality, Internet related technology, Number of user, Superior value, Marketing, Service quality, Support/helpdesk, Product price, Credit card service, Cash on delivery, Industri structure. Oleh karena itu pihak perusahaan Tokopedia dan Shopee harus terus mempertahankan indikator yang terdapat pada kuadran II karena pada kuadran ini sudah memenuhi harapan para pengguna marketplace.

Kata Kunci : Marketplace; Importance Performance Analysis.

Subjek

BUSINESS
ENTREPRENEUR,

Katalog

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WIRAUSAHA DALAM PEMILIHAN MARKETPLACE UNTUK BERBISNIS (STUDI KASUS: SHOPEE DAN TOKOPEDIA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD DIFA CAHYA UTAMA
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini