PENGARUH KUALITAS LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN (AIRQUAL) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Maskapai Indonesia AirAsia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

I MADE TOBI MARASTA PUTRA

Informasi Dasar

272 kali
24.04.1197
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Maskapai penerbangan AirAsia menghadapi tantangan signifikan dengan persaingan yang, memerlukan peningkatan dalam kualitas layanan penerbangan (AIRQUAL) untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Didapat banyak keluhan terhadap pelayanan, komponen AIRQUAL menjadi landasan untuk mencapai kepuasan pelanggan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang mencakup enam variabel, yaitu Airline Tangibles, Terminal Tangibles, Personnel, Empathy, dan Image, yang semuanya berkontribusi terhadap AIRQUAL. Dengan memahami hubungan ini, diharapkan dapat dikembangkan model kualitas layanan yang dapat meningkatkan AIRQUAL dan akhirnya menciptakan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh AIRQUAL terhadap kepuasan konsumen Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif-verifikatif. Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh AIRQUAL secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan landasan untuk pengembangan model kualitas layanan. Populasi penelitian ini adalah konsumen AirAsia secara keseluruhan, dengan fokus pada konsumen Indonesia AirAsia sebagai sampel utama. Pemilihan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan purposive. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 385 orang. Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis secara statistik, dengan fokus pada pengaruh AIRQUAL dan variabel-variabel yang terkait terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, AIRQUAL berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dimana peningkataan AIRQUAL akan meningkatkan kepuasan konsumen. Di sisi lain, dimensi Airline Tangibles dan Terminal Tangibles menunjukan terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan dimensi Personnel, Empathy, dan Image menunjukan tidak terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Pihak Perusahaan disarankan untuk tetap dapat meningkatkan AIRQUAL di kemudian hari. Perusahaan harus berfokus pada Airline Tangibles, Terminal Tangibles, Personnel, Empathy, dan Image yang relative rendah (berada di rentang netral) dengan harapan dapat meningkan kepuasan di kemudian hari.

Kata Kunci: Kualitas Layanan Maskapai Penerbangan, AIRQUAL, Kepuasan Konsumen, Indonesia AirAsia

Subjek

SERVICE QUALITY
CONSUMER SATISFACTION,

Katalog

PENGARUH KUALITAS LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN (AIRQUAL) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Maskapai Indonesia AirAsia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE TOBI MARASTA PUTRA
Perorangan
Riski Taufik Hidayah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini