MANAJEMEN PENGETAHUAN, TIPE KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMPENGARUHI TRANFORMASI DIGITAL DAN DAMPAKNYA BAGI INOVASI PADA BADAN KLASIFIKASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ARIF BIJAKSANA PRAWIRA NEGARA

Informasi Dasar

24.05.190
658.3
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dalam era digital yang terus berkembang, organisasi perlu mampu beradaptasi dan berinovasi untuk tetap relevan dan kompetitif. Manajemen pengetahuan memainkan peran penting dalam memfasilitasi proses transformasi digital dengan memastikan pengetahuan yang tepat tersedia dan digunakan secara efektif. Selain itu, tipe kepemimpinan juga berpengaruh dalam mengarahkan organisasi menuju transformasi digital yang sukses. Kepemimpinan yang visioner, inovatif, dan mampu menggerakkan orang-orang dalam organisasi akan mempercepat proses transformasi digital. Sementara itu, budaya organisasi yang mendukung inovasi dan perubahan juga menjadi faktor kunci dalam kesuksesan transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh manajemen pengetahuan, tipe kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap inovasi dengan transformasi digital sebagai pemediasi. Data yang digunakan merupakan hasil survei menggunakan kuesioner terhadap seluruh pegawai yang terlibat langsung dalam perencenaan, pengembangan dan human capital pada salah satu Badan Klasifikasi yang beroperasi di Indonesia sebanyak 101 orang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) berbasis PLS (Partial Least Square) menggunakan software SmartPLS 3.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen pengetahuan, tipe kepemimpinana, budaya organisasi, transformasi digital dan inovasi.

Hasil dari penelitian ini antara lain budaya organisasi, manajemen pengetahuan, dan tipe kepemimpinan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap transformasi digital dan inovasi. Selain itu, variabel transformasi digital mampu memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap inovasi. Selain itu transformasi digital juga mampu memediasi pengaruh manajemen pengetahuan terhadap inovasi. Akan tetapi, transformasi digital tidak dapat memediasi pengaruh tipe kepemimpinan terhadap inovasi. Pada penelitian ini disarankan untuk Badan Klasifikasi dapat menentukan strategi transformasi digital melalui area-area yang memiliki pengaruh kuat terhadap inovasi.
Kata Kunci: Inovasi, Transformasi Digital, Manajemen Pengetahuan, Budaya Organisasi, Tipe Kepemimpinan

Subjek

BUSINESS GLOBAL
Human resource management,

Katalog

MANAJEMEN PENGETAHUAN, TIPE KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMPENGARUHI TRANFORMASI DIGITAL DAN DAMPAKNYA BAGI INOVASI PADA BADAN KLASIFIKASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF BIJAKSANA PRAWIRA NEGARA
Perorangan
Mahir Pradana, Anita Silvianita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI6B3 - BISNIS GLOBAL DAN STRATEGIS PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini