NCT adalah salah satu grup yang dibentuk oleh SM Entertainment dan meiliki konsep yang unik. NCT menggunakan konsep yang jumlah anggotanya tidak terbatas dan berasal dari berbagai negara. NCTZEN merupakan istilah yang digunakan oleh penggemar NCT untuk mengidentifikasikan dirinya sebagai bagian dari fandom grup NCT. Penelitian ini akan berfokus pada perilaku penggemar yang digambarkan melalui media sosial X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan kepada empat akun X milik NCTZEN yang memenuhi beberapa indikator yang telah di tentukan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun X NCTZEN mencerminkan sebuah komunitas penggemar yang sangat aktif, terlibat, dan setia terhadap grup musik NCT. Para penggemar tidak hanya mengekspresikan dukungan mereka secara verbal, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan online, seperti pembuatan konten harian yang khusus mengenai NCT. Penggunaan tagar tertentu juga menjadi salah satu wujud partisipasi mereka dalam membentuk identitas komunitas. Selain itu, perayaan ulang tahun anggota NCT dan panggilan khusus menunjukkan adanya ikatan emosional yang kuat antara NCTZEN dan anggota NCT.
Kata Kunci: Analisis Perilaku, Etnografi, Fandom, Korean Pop, Loyalitas, Media Sosial, New Media, NCT, NCTZEN, Perilaku Penggemar, Twitter, X.