Bahasa Arab adalah bahasa yang penting untuk dipelajari oleh umat islam karena bahasa ini adalah bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat islam yaitu al-Quran .Oleh karena itu penting mempelajari Bahasa Arab di sekolah. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran Bahasa Arab adalah SMP Cendekia Muda. Proses pembelajaran di SMP Cendekia Muda muda memakai media youtoube dan powerpoint. Media youtube yang digunakan milik umum sehingga tidak sesuai dengan kurikulum yang digunakan di sekolah. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat mengulangi materi dan melatih kembali materi kosakata yang sudah dijelaskan di sekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Metode waterfall melalui tahapan proses Research, Modeling, Requirements, Framework, Refinement, dan Support. Dengan metode pengujian Black Box. Pada pengujian dengan menggunakan Black box menujukan bahwa aplikasi memiliki fungsional yang berfungsi sesuai harapan. Untuk melihat tingkat kebergunaan aplikasi dilakukan pengujian dengan menggunakan kuasi eksperiment dengan membanding 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen yang diambil secara acak. Hasil pengujian siswa SMP Islam Cendekia Muda kelompok eksperimen yaitu yang menggunakan aplikasi pembelajaran Bahasa Arab Arabiun lebih baik dibandingakan dengan kelompok kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kosakata kelas 7 adalah 64 untuk kelompok kontrol dan 80,6 untuk kelompok eksperimen sementara untuk nilai rata-rata kosakata kelas 9 adalah 64,6 untuk kelompok kontrol dan 81,3 untuk kelompok eksperimen. Hal tersebut menunjukan bahwa aplikasi pembelajaran Bahasa Arab Arabiun dapat membantu siswa dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Waterfall, Black Box, Kuasi Eksperimen, SMP Cendekia Muda