Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor yang membuat semakin
majunya kebudayaan dan gaya hidup masyarakat modern. Oleh karena itu,
perusahaan tersebut harus mampu bersaing dengan perusahaan lain yang mampu
mempertahankan eksistensi perusahaan. Agar dapat mengikuti perkembangan
zaman dan dapat bersaing maka dibutuhkan karyawan yang berkualitas. Kualitas
merupakan indikator penting untuk kelangsungan hidup perusahaan terutama untuk
persaingan industri yang ketat. Perusahaan yang digunakan untuk penelitian ini
salah satu perusahaan yang ada di Surabaya PT. Auto Serba Digital (Auto Kirim)
menjadi salah satu perusahaan bergerak dibidang teknologi terkemuka di Surabaya.
Perusahaan ini memiliki karyawan organik sebanyak 24 orang. Namun, pada
perusahaan ini mengalami masalah internal dengan kurangnya analisis jabatan yang
jelas berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di PT. Auto Serba Digital
(Auto Kirim). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
pengukuran analisis kualitas karyawan di PT. Auto Serba Digital (Auto Kirim)
berdasarkan metode Internal Service Quality. Metode Internal Service Quality
memiliki variabel meliputi (1) kerjasama; (2) kesesuaian terhadap pekerjaan; (3)
kesesuaian terhadap teknologi; (4) kemampuan kontrol diri; (5) sistem pengawasan;
(6) konflik peran; (7) ambiguitas peran. Hasil pengumpulan data ini akan dilakukan
uji validitas r hitung > r tabel, reliabilitas >0,6, uji GAP sig. >0,05 dan hasil dari
diagram Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa variabel pada
INTQUAL BR1 dan BH1 dapat mengalami perbaikan pada PT. Auto Serba Digital
(Auto Kirim).
Kata Kunci: INTQUAL, Diagram IPA, Kualitas, Karyawan