Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengolahan limbah baterai 
Lithium Ion dari kendaraan listrik dengan menggunakan metode pemodelan 
Dynamic Bayesian Network. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan 
model siklus daur ulang baterai kendaraan listrik yang optimal. Data yang 
digunakan meliputi data lokasi pabrik baterai EV, data jumlah kendaraan di 
Indonesia, jumlah market share EV di Indonesia, jumlah kendaraan listrik di 
Indonesia, data baterai yang perlu di daur ulang beserta plant recycling-nya. Metode 
penelitian yang digunakan adalah Dynamic Bayesian Network dengan bantuan 
software Genie Modeler. Model ini dapat representasikan grafis dari variabel dan 
hubungan sebab-akibat antar variabel. Data yang diperoleh digunakan untuk 
melakukan simulasi dan mengoptimalkan proses pengolahan limbah baterai. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam proses daur ulang 
baterai, mulai dari Data Collection Center, Remanufacturing Plant, Recycling 
Plant, hingga Waste Disposal Center. Model yang paling optimal untuk kendaraan 
listrik jenis motor adalah skenario 2, dengan baterai yang dapat digunakan kembali 
sebesar 95% dan limbah sisa sebesar 5%. Sedangkan untuk kendaraan listrik 
berjenis mobil, skenario 2 menghasilkan baterai yang dapat digunakan kembali 
sebesar 93% dan limbah sisa sebesar 7%. Dalam kesimpulannya, penelitian ini 
menunjukkan bahwa pengolahan limbah baterai Lithium Ion dari kendaraan listrik 
dapat dilakukan dengan menggunakan metode Dynamic Bayesian Network. Model 
yang dihasilkan dapat memberikan solusi dalam pengelolaan limbah baterai dan 
menjadi acuan untuk pengolahan limbah yang ada di Indonesia. Dengan adanya 
proses daur ulang yang optimal, dapat diharapkan penggunaan baterai Lithium Ion
dalam kendaraan listrik dapat lebih ramah lingkungan.
Kata Kunci: Dynamic Bayesian Network, Genie Modeler, Limbah Baterai, 
Lithium-Ion, Simulasi