Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengolahan limbah baterai
Lithium Ion dari kendaraan listrik dengan menggunakan metode pemodelan
Dynamic Bayesian Network. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan
model siklus daur ulang baterai kendaraan listrik yang optimal. Data yang
digunakan meliputi data lokasi pabrik baterai EV, data jumlah kendaraan di
Indonesia, jumlah market share EV di Indonesia, jumlah kendaraan listrik di
Indonesia, data baterai yang perlu di daur ulang beserta plant recycling-nya. Metode
penelitian yang digunakan adalah Dynamic Bayesian Network dengan bantuan
software Genie Modeler. Model ini dapat representasikan grafis dari variabel dan
hubungan sebab-akibat antar variabel. Data yang diperoleh digunakan untuk
melakukan simulasi dan mengoptimalkan proses pengolahan limbah baterai. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam proses daur ulang
baterai, mulai dari Data Collection Center, Remanufacturing Plant, Recycling
Plant, hingga Waste Disposal Center. Model yang paling optimal untuk kendaraan
listrik jenis motor adalah skenario 2, dengan baterai yang dapat digunakan kembali
sebesar 95% dan limbah sisa sebesar 5%. Sedangkan untuk kendaraan listrik
berjenis mobil, skenario 2 menghasilkan baterai yang dapat digunakan kembali
sebesar 93% dan limbah sisa sebesar 7%. Dalam kesimpulannya, penelitian ini
menunjukkan bahwa pengolahan limbah baterai Lithium Ion dari kendaraan listrik
dapat dilakukan dengan menggunakan metode Dynamic Bayesian Network. Model
yang dihasilkan dapat memberikan solusi dalam pengelolaan limbah baterai dan
menjadi acuan untuk pengolahan limbah yang ada di Indonesia. Dengan adanya
proses daur ulang yang optimal, dapat diharapkan penggunaan baterai Lithium Ion
dalam kendaraan listrik dapat lebih ramah lingkungan.
Kata Kunci: Dynamic Bayesian Network, Genie Modeler, Limbah Baterai,
Lithium-Ion, Simulasi