Tingkat persaingan perguruan tinggi mengalami peningkatan yang sangat pesat setiap
tahun. Penerimaan mahasiswa baru merupakan aktivitas penting bagi peguruan tinggi
untuk menjaring mahasiswa baru. Dalam proses mendapatkan mahasiswa baru setiap
perguruan tinggi memiliki strategi promosi yang berbeda. Penentuan strategi promosi
yang tepat dapat menekan biaya promosi mencapai sasaran promosi yang tepat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola karakteristik profil mahasiswa dan calon
mahasiswa sebagai rekomendasi strategi promosi. Pengolahan Data Mining
menggunakan metode Cross Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM)
dengan model klasterisasi dan klasifikasi yang memanfaatkan algoritma K-Means
Clustering dan Decision Tree. Implementasi pengolahan data menggunakan RapidMiner
Studio 9.10.1. Atribut yang digunakan dalam model klasterisasi adalah Nim, KotaAsal,
Asal Sekolah, Prodi, Jurusan Sekolah, Jenis Kelamin, Jalur Seleksi, Tahunpendaftaran.
Pengolahan data menggunakan algoritma K-Means Clustering menghasilkan 3 buah
cluster, cluster1 berjumlah 91 items (4,56%) dominasi mahasiswa paling banyak dari
program studi Sistem Informasi. Clsuter2 berjumlah1683 items (84,48%) dominasi
mahasiswa paling banyak dari Kota Surabaya dan Kab. Sidoarjo, Cluster3 berjumlah
218 items (10,96%) dominasi mahasiswa paling banyak dari daerah Kawasan Indonesia
Timur dengan Prodi Informastika. Nilai DaviesBouldin Index (DBI) sebesar 0,477.
Atribut yang digunakan dalam model klasifikasi adalah No.Peserta, Status Payment
Biaya UP3, Kab./Kota Asal, Kab./Kota Asal sekolah, Jenis Sekolah, Kategori Sekolah,
Sumber Informasi, Penghasilan orang tua, Pilihan Prodi. Data set yang digunakan
sebanyak 3.760 record dengan mode test percentage split yaitu 70% sebanyak 2.637
sebagai data training dan 30% sebanyak 1.113 sebagai datatesting. Pengolahan data
menggunakan Decision Tree mengasilkan nilai accuracypengujian sebesar 98,86%, nilai
precision sebesar 93,33%, nilai recall sebesar 32,56% dan AUC sebesar 0.992. Atribut
yang paling berpengaruh paling tingfi berdasarkan Decision Tree menghasilkan sebuah
pohon keputusan untuk memudahkan pengambilan keputusan strategi yang tepat.
Kata Kunci: Data mining, Strategi Promosi, CRISP-DM, K-Means,Decision Tree