PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA PUTI ITTELKOM SURABAYA MENGUNAKAN COBIT 2019

I. G. AG. KOM. AGNAM MELYANTARA

Informasi Dasar

258 kali
24.04.1278
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tata kelola pada teknologi informasi (TI) memiliki peran yang signifikan dalam mengatur jalannya teknologi di suatu organisasi. Dengan mengaplikasikan tata kelola TI maka perusahaan akan mendapatkan profitabilitas untuk meningkatkan nilai bisnis perusahaan. Pusat Teknologi Informasi (PuTI) Institut Teknologi Telkom Surabaya adalah unit yang bertanggung jawab terhadap implementasi teknologi pada Institut Teknologi Telkom Surabaya. Oleh karena itu, tata kelola TI pada PuTI ITTelkom Surabaya diperlukan untuk diukur tingkat kematangannya agar diketahui seberapa matang tata kelola pada PuTI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang dimana data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Setelah data didapatkan, kemudian data diolah dan diukur untuk dicari tingkat keamatangan tata kelola TI pada PuTI. Penelitian ini menggunakan kerangka COBIT 2019 yang memberikan layanan kerangka kerja secara komprehensif untuk membantu manajemen TI pada sebuah perusahaan agar aset informasi dan teknologi perusahaannya tetap terjaga serta dapat mewujudkan manfaat dari penggunaan sumber daya yang ada. Penelitian ini berfokus menggunakan domain Delivery, Service and Support (DSS), sub domain DSS04 Managed Continuity dan DSS05 Managed Security Services dalam mengukur tingkat kematangan layanan tata kelola TI pada PuTI ITTelkom Surabaya. Domain DSS merupakan domain yang membahas pengiriman operasional layanan TI dan kemanaan TI. Hasil dari penelitian ini adalah berupa usulan perbaikan terkait tata kelola TI PuTI ITTelkom Surabaya berdasarkan hasil pengukuran tingkat kematangan yang didapat yaitu: DSS04 Managed Continuity dengan tingkat kematangan sebesar 3,13 dan DSS05 Managed Security Services dengan tingkat kematangan sebesar 2,95. Dengan nilai rata-rata dari kedua domain sebesar 3.04. Usulan perbaikan juga diperkuat dengan Alignment Goals yang didapat dari pemetaan domain (Goals Cascade) yaitu: hasil rata-rata tingkat kematangan yang didapat dari Alignment Goals DSS04 adalah sebesar 3,16 dan Alignment Goals DSS05 adalah sebesar 2,89.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Maturity Level, Tata Kelola IT, COBIT 2019, Delivery, Service and Support (DSS).

Subjek

TEKNIK INDUSTRI
TA,

Katalog

PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA PUTI ITTELKOM SURABAYA MENGUNAKAN COBIT 2019
TA/FTIB.08.2023/41 MEL p
85
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

I. G. AG. KOM. AGNAM MELYANTARA
Perorangan
Yupit Sudianto, S.Kom., M.Kom., Aris Kusumawati S.Kom., M.Kom.,
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
SURABAYA
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini