Tata kelola pada teknologi informasi (TI) memiliki peran yang signifikan dalam mengatur
jalannya teknologi di suatu organisasi. Dengan mengaplikasikan tata kelola TI maka perusahaan
akan mendapatkan profitabilitas untuk meningkatkan nilai bisnis perusahaan. Pusat Teknologi
Informasi (PuTI) Institut Teknologi Telkom Surabaya adalah unit yang bertanggung jawab
terhadap implementasi teknologi pada Institut Teknologi Telkom Surabaya. Oleh karena itu,
tata kelola TI pada PuTI ITTelkom Surabaya diperlukan untuk diukur tingkat kematangannya
agar diketahui seberapa matang tata kelola pada PuTI.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang
dimana data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Setelah data
didapatkan, kemudian data diolah dan diukur untuk dicari tingkat keamatangan tata kelola TI
pada PuTI. Penelitian ini menggunakan kerangka COBIT 2019 yang memberikan layanan
kerangka kerja secara komprehensif untuk membantu manajemen TI pada sebuah perusahaan
agar aset informasi dan teknologi perusahaannya tetap terjaga serta dapat mewujudkan manfaat
dari penggunaan sumber daya yang ada. Penelitian ini berfokus menggunakan domain Delivery,
Service and Support (DSS), sub domain DSS04 Managed Continuity dan DSS05 Managed
Security Services dalam mengukur tingkat kematangan layanan tata kelola TI pada PuTI
ITTelkom Surabaya. Domain DSS merupakan domain yang membahas pengiriman operasional
layanan TI dan kemanaan TI.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa usulan perbaikan terkait tata kelola TI PuTI
ITTelkom Surabaya berdasarkan hasil pengukuran tingkat kematangan yang didapat yaitu:
DSS04 Managed Continuity dengan tingkat kematangan sebesar 3,13 dan DSS05 Managed
Security Services dengan tingkat kematangan sebesar 2,95. Dengan nilai rata-rata dari kedua
domain sebesar 3.04. Usulan perbaikan juga diperkuat dengan Alignment Goals yang didapat
dari pemetaan domain (Goals Cascade) yaitu: hasil rata-rata tingkat kematangan yang didapat
dari Alignment Goals DSS04 adalah sebesar 3,16 dan Alignment Goals DSS05 adalah sebesar
2,89.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Maturity Level, Tata Kelola IT, COBIT 2019, Delivery,
Service and Support (DSS).