IMPLEMENTASI INTRUSION PREVENTION SYSTEM MENGGUNAKAN SURICATA UNTUK KEAMANAN SERVER UNIVERSITAS TELKOM SURABAYA MELALUI DETEKSI ANOMALI TRAFIK - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NAUFAL RIZKI HARIYONO

Informasi Dasar

12 kali
24.04.1296
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Serangan siber seperti Denial of Service (DoS) dan Distributed Denial of Service (DDoS) sering mengancam operasional institusi akademik. Sistem keamanan konvensional sering tidak efektif dalam mendeteksi dan menanggulangi serangan berskala besar. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan deteksi dan pencegahan serangan siber menjadi prioritas utama, terutama di lingkungan akademik yang menyimpan data sensitif.
Penelitian ini menerapkan Suricata sebagai Intrusion Prevention System (IPS) untuk mendeteksi dan mencegah anomali serangan pada server Universitas Telkom Surabaya. Suricata memantau lalu lintas jaringan secara real-time dan menggunakan aturan untuk mengidentifikasi serta otomatis memblokir lalu lintas mencurigakan. Integrasi dengan Telegram memungkinkan notifikasi cepat kepada administrator jaringan, sehingga dapat segera mengambil Tindakan tambahan.
Hasil penelitian menunjukkan Suricata IPS efektif dalam mendeteksi dan memblokir paket TCP, UDP, dan ICMP dengan akurasi 99%, meskipun akurasi pada protokol HTTP menurun menjadi 90%. Sistem notifikasi Telegram berhasil memberikan notifikasi real-time dengan delay 1 sampai 2 detik, meski menggunakan sumber daya lebih tinggi. Secara keseluruhan, kombinasi Suricata dan notifikasi Telegram terbukti efektif dalam meningkatkan keamanan server dan mengurangi risiko serangan siber.

Subjek

COMPUTER NETWORK SECURITY
 

Katalog

IMPLEMENTASI INTRUSION PREVENTION SYSTEM MENGGUNAKAN SURICATA UNTUK KEAMANAN SERVER UNIVERSITAS TELKOM SURABAYA MELALUI DETEKSI ANOMALI TRAFIK - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL RIZKI HARIYONO
Perorangan
Oktavia Ayu Permata, Rizky Fenaldo Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi - Kampus Surabaya
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ITA2134 - JARINGAN KOMPUTER
  • ITA2243 - JARINGAN KOMPUTER LANJUT
  • ITA40I3 - KEAMANAN SIBER
  • FIA4034 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini