Slice Math: Aplikasi Game Pembelajaran Matematika Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Teknologi Virtual Reality - WRAP Entrepreneurship

DHIYA FATHIYYA

Informasi Dasar

343 kali
24.04.1316
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Matematika sering dianggap sebagai salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan
kurang diminati oleh siswa di Indonesia. Hal ini menyebabkan minat belajar dan kemampuan
siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengintegrasikan teknologi yang diminati oleh generasi saat ini, khususnya Virtual Reality
(VR) ke dalam pembelajaran matematika. Harapannya, pendekatan ini dapat meningkatkan
minat siswa serta mengurangi stigma negatif terhadap matematika. Batasan penelitian ini
terletak pada penggunaan teknologi VR sebagai media dalam pembelajaran.
Penelitian ini mengusulkan solusi dengan mengimplementasikan Game Development
Life Cycle (GDLC) sebagai metode untuk membatu dalam proses pengembangan permainan
ini. Proses pengembangan aplikasi ini mencangkup perancangan, implementasi, dan pengujian.
Spesifikasi aplikasi game ini didasarkan pada aspek teknis dan pendidikan, meliputi desain
objek, implementasi symbolic Artificial Intelligence, sound design, dan interest of subject
learning. Dilakukan verifikasi terhadap spesifikasi yang ditentukan untuk menganalisis kinerja
dan memastikan aplikasi memenuhi spesifikasi yang ditetapkan.
Persentase indeks hasil pengujian beta yang dihasilkan dari penelitian ini mencapai
94,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi masuk ke dalam kategori “Sangat Diterima”
berdasarkan kriteria kelayakan yang ditetapkan. Selain itu pada uji alpha fitur-fitur yang ada
di aplikasi ini juga berjalan dengan baik. Umpan balik dari responden juga mengindikasikan
kepuasan terhadap aplikasi ini dan merasa tertarik dengan implementasi teknologi Virtual
Reality ke dalam pembelajaran matematika. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini
mendukung bahwa dengan integrasi teknologi VR dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci : Matematika, Virtual Reality, Permainan Edukasi, Teknologi.
 

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

Slice Math: Aplikasi Game Pembelajaran Matematika Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Teknologi Virtual Reality - WRAP Entrepreneurship
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIYA FATHIYYA
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini