Ecoxyn merupakan sebuah usaha pengembangan dan produksi aksesoris yang menghubungkan pengolahan resin dan limbah alam maupun plastik untuk menciptakan pola hidup yang historis dan ramah lingkungan. Dalam menjalankan kegiatan bisnis, praktik komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Ecoxyn merupakan komunikasi pemasaran terintegrasi atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang menekankan interaksi dua arah, selektif, dan personal. Ada tiga tahap dalam strategi komunikasi pemasaran, yakni perencanaan strategi komunikasi pemasaran, implementasi komunikasi pemasaran dan evaluasi komunikasi pemasaran. Dalam perencanaan strategi komunikasi pemasaran, Ecoxyn menggunakan; (1) Mengenal khalayak; (2) Merumuskan pesan; (3) Menetapkan metode; dan (4) Menentukan media. Bauran komunikasi pemasaran yang digunakan Ecoxyn sebagai bentuk implementasi komunikasi pemasaran yaitu, Advertising, Sales Promotion, Public Relation, Personal Selling, Direct and Online Marketing. Dan evaluasi loyalitas pelanggan yang digunakan Ecoxyn adalah satisfaction, repeat purchase, word of mouth, evangelism, dan ownership. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma penelitian konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Serta teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini, strategi komunikasi pemasaran terintegrasi berjalan dengan baik, namun perlu adanya peningkatan ide dan inovasi untuk dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi, Loyalitas Pelanggan