Pengaruh Pengembangan Wisata Desa Mandeh Terhadap Pendapatan UMKM Di Sekitarnya dengan Potensi Wisata Sebagai Variabel Intervening - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANATHA FATIMAH AL ZAHRA

Informasi Dasar

140 kali
24.04.1372
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 
Pariwisata merupakan salah satu faktor yang menjadi tumpuan dalam meningkatkan perekonomian sebuah negara, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara dengan berbagai destinasi wisata yang indah dan eksotis, mulai dari pantai, taman nasional, hingga adat istiadat daerah. Pariwisata akan memberikan banyak dampak positif jika pemerintah dapat menyadari potensi wisata serta mengembangkannya. Dalam hal ini, pariwisata dapat memberikan kesejahteraan terhadap perekonomian daerah dan masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar lokasi objek wisata karena dianggap langsung bersinggungan sekaligus membantu memfasilitasi kegiatan pariwisata serta pelaku wisata. Desa Mandeh adalah satu dari banyak pariwisata alam yang ada di daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia yang menjadi fokus Dinas Pariwisata setempat sejak tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan pariwisata Desa Mandeh terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui potensi wisata.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di sekitar daerah wisata Desa Mandeh. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel random sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh sample sebanyak 100 responden menggunakan skala pengukuran ordinal.
            Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan objek wisata Desa Mandeh saat ini masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85,33%, Pendapatan UMKM di sekitar objek wisata Desa Mandeh saat ini berkategori baik dengan persentase sebesar 83,33%, dan potensi wisata Desa Mandeh saat ini berada pada kategori baik dengan persentase 83,33%. Disamping itu, Hasil penelitian menunjukkan pengembangan wisata Desa Mandeh berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM dan potensi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM, serta pengembangan wisata Desa Mandeh berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM setempat yang dimediasi oleh potensi wisata.
 
Kata kunci: Pengembangan objek wisata, pendapatan UMKM, potensi wisata

Subjek

UMKM
 

Katalog

Pengaruh Pengembangan Wisata Desa Mandeh Terhadap Pendapatan UMKM Di Sekitarnya dengan Potensi Wisata Sebagai Variabel Intervening - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANATHA FATIMAH AL ZAHRA
Perorangan
Sherly Artadita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI1H3 - PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini