Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Terjadinya wabah virus covid-19, konsumen yang sebelumnya tidak pernah berbelanja online harus mengandalkan platform belanja digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis e-service quality memiliki pengaruh atau tidaknya terhadap kepuasan pelanggan pada aplikasi Tokopedia.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik analisis data yang gunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana serta pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, variabel e-service quality berada pada kategori baik dengan persentase 70,4% dan variabel kepausan pelanggan berada pada kategori baik dengan persentase 71,8%. Hasil analisis linier sederhana bahwa eservice quality berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada aplikasi Tokopedia sebesar 82,45% dan 17,55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini seperti harga, brand image dan nilai persepsi.