Perubahan merupakan suatu keniscayaan bagi usaha yang ingin berkembang dan bertahan dengan menyesuaikan produknya dengan minat pasar yang sangat beragam. Ecoxyn, sebagai merek bisnis kategori merchandise berbasis resin dan lingkungan, terlihat memiliki lini bisnis blue ocean dibandingkan dengan merchandise berbasis karet dan akrilik. Dalam menyambut pasar dengan mekanisme bisnis blue ocean, Ecoxyn telah melakukan berbagai tindakan penelitian dan pengembangan untuk menemukan bahan dan metode yang paling ideal. Ecoxyn memulai bisnis dengan melayani produk dalam skala kecil dan mengembangkan secara bertahap dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan beberapa metode.
Melalui sejumlah tender, Ecoxyn berhasil mencapai kesepakatan besar dengan Universitas Telkom untuk memproduksi 4500 pcs merchandise gantungan kunci dalam tender wisuda. Kenaikan kapasitas produksi yang signifikan mendorong perusahaan untuk melakukan penelitian lebih mendalam guna memenuhi kebutuhan tender tersebut. Namun, pada tender wisuda Telkom University pada bulan November dengan jumlah 4500 pcs, muncul beberapa masalah seperti tingginya risiko barang reject, biaya produksi yang tinggi, dan waktu produksi yang lama. Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, Ecoxyn telah melakukan perubahan dari segi desain produk dan teknologi dengan tujuan untuk memudahkan pengaplikasian. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk menginvestigasi "PENGARUH PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK ECOXYN TERHADAP EFISIENSI KINERJA PRODUKSI DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK UMKM ECOXYN INDONESIA (Studi Kasus Tender Merchandise Gantungan Kunci Wisuda Telkom University)." Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak inovasi produk Ecoxyn terhadap efisiensi kinerja produksi dan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk.