Ditengah pesatnya perkembangan transportasi salah satu layanan mobilitas
dengan perkembangan yang pesat di Indonesia adalah ride hailing. Di Indonesia
pengguna Ride Hailing menjadi semakin banyak dan diramalkan akan terus
meningkat, hal ini menunjukkan bahwa transportasi online digemari dan digunakan
oleh banyak orang sebagai alternatif transportasi. Beberapa perusahaan yang
menawarkan jasa mereka dalam transportasi online di Indonesia termasuk Gojek,
Grab, Maxim dan InDriver.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari price fairness dan
perceived service quality terhadap customer satisfaction pengguna layanan GrabCar.
Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan
kausal. Populasi pada penelitian sebanyak 150 orang. Sampel penelitian
dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms. Sampel penelitian diambil
menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan diolah
menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa price fairness secara parsial memiliki
pengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Perceived service quality secara
parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Price fairness
dan perceived service quality secara simultan memiliki pengaruh secara signifikan
terhadap customer satisfaction.
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan penelitian saran yang dapat
diberikan kepada pihak Grab adalah pihak Grab diharapkan untuk dapat
memperbaiki dimensi – dimensi indikator yang masih dianggap kurang terutama
pada penetapan harga yang wajar dan kenyamanan kendaraan bagi pengguna.
Dengan saran – saran yang telah disebutkan Grab diharapkan dapat menerapkan
peningkatan pada price fairness dan perceived service quality dengan tujuan
meningkatkan customer satisfaction.