Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak banyaknya startup yang baru muncul, sehingga tingkat perekonomian meningkat. Namun, hal ini menjadi boomerang bagi para pelaku bisnis yang mana akan terjadi persaingan kompetitor yang ketat. Media sosial, ecommerce, dan lain sebagainya dapat menjadi pendukung para pelaku bisnis sekaligus menjadi kompetitor ancaman, dikarenakan dengan mudah segala informasi didapatkan, sehingga mempermudah dalam melakukan inovasi dan pengembangan terhadap bisnisnya setiap waktu. Ecoxyn sebagai brand baru ingin bisa mengajak gen Z untuk sadar dan menyeru menjaga lingkungan dan juga memanfaatkan peluang dan strategi yang efektif untuk mengembangkan usaha Ecoxyn kedepannya. Tugas akhir ini menggunakan data dari deskripsi bisnis, analisis pasar, riset rencana produk, rencana strategi pemasaran, rencana operasional, rencana tim manajemen, dan rencana keuangan. Penelitian analisis ini bertujuan untuk menciptakan dan menganalisis rencana bisnis yang tepat untuk startup Ecoxyn. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa Ecoxyn dapat bersaing dengan baik dan ada pada posisi mampu menyaingi brand lokal lain dari segi kualitas dan harga. Karenanya, Ecoxyn mendapatkan profit sebesar Rp57.200.000 selama September 2023 - 2024 dengan pendanaan awal yang dibutuhkan sebesar Rp15.600.000.