PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BAVERAGE YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANISAH PUTRI MAHARANI

Informasi Dasar

740 kali
24.04.1416
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Meningkatnya nilai perusahaan memiliki dampak yang signifikan bagi perusahaan itu sendiri. Dengan meningkatnya nilai perusahaan, perusahaan dapat mencapai beberapa keuntungan. Nilai perusahaan merupakan target jangka panjang yang terlihat melalui dinamika harga saham di Bursa Efek Indonesia, refleksi dari evaluasi investor. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi nilai perusahaan antara profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan pada perusahaan subsektor food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama Tahun 2019-2023. Nilai Return on Asset (ROA) sebagai proxy gambaran profitabilitas Perusahaan, demikian juga nilai Current Ratio (CR) sebagai representasi Likuiditas dan Ukuran Perusahaan (LN). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang akan digunakan adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2019-2023. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap observasi apakah terdapat pola hubungan antar variabel yang bermakna dalam model regresi logistik. Pengolahan data dengan dilakukan menggunakan software Eviews 13. Penelitian ini akan menggunakan statistik deskriptif. Asumsi klasik tersebut terdiri dari uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas. Analisis Regresi Data Panel, Metode Estimasi Regresi Data Panel. Dari hasil uji parsial dapat disimpulkan bahwa profitabilitas memberikan hasil yang tidak signifikan begitu juga dengan variabel likuiditas yang ternyata memberikan hasil yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, demikian juga ukuran perusahaan tidak berpengaruh nyata terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi terhadap perusahaan untuk mempertahankan atau meningkatkan current ratio dapat meningkatkan kepercayaan investor, Meskipun profitabilitas tidak menunjukkan pengaruh signifikan dalam penelitian ini, manajemen tetap harus berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan aset untuk menghasilkan laba. Meskipun ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, penting bagi manajemen untuk memastikan bahwa aset yang dimiliki dikelola dengan baik. Investor disarankan untuk memperhatikan likuiditas perusahaan saat membuat keputusan investasi dan calon investor sebaiknya lebih fokus pada kualitas manajemen dan strategi perusahaan dalam menghasilkan laba serta mengelola risiko.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan

Subjek

CORPORATE VALUE
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BAVERAGE YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISAH PUTRI MAHARANI
Perorangan
Galuh Tresna Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini