Penelitian ini berjudul "Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity, Brand Trust, dan Brand loyaltypada Instagram Traveloka"??. Fokus utamanya adalah memahami pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap brand trust, brand equity, dan brand loyalty pada platform Instagram Traveloka. Latar belakang penelitian ini berdasar pada perkiraan industri pariwisata di Indonesia berkembang pesat bersamaan dengan maraknya penggunaan media sosial yang mempengaruhi metode pemasaran.
Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi dengan menggunakan metode survei kuesioner yang menggunakan skala likert dengan kriteria pengguna media sosial Instagram dan aplikasi Traveloka pada wilayah DKI Jakarta dan analisis SEM-PLS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh social media marketing terhadap brand trust, brand equity, dan brand loyalty Traveloka di Instagram. Hal ini penting mengingat pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia dan peran penting media sosial dalam strategi pemasaran online travel agents (OTA)??.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap brand equity, brand trust, dan brand loyalty. Selain itu, faktor yang perlu diperhatikan adalah brand trust karena memiliki pengaruh paling besar daripada variabel lainnya yang mengindikasikan bahwa kepercayaan konsumen terhadap merek mempengaruhi persepsi nilai dan keinginan mereka untuk tetap setia terhadap merek tersebut.
Manfaat penelitian ini mencakup kontribusi teoritis dalam bidang manajemen, khususnya dalam aspek social media marketing, brand trust, brand equity, dan brand loyalty, serta manfaat praktis bagi akademisi dan perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis??.
Kata Kunci: social media marketing, brand trust, brand equity, brand loyalty, online travel agents