STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA NAMA DOMAIN INDONESIA (PANDI) REGISTRY NAMA DOMAIN TINGKAT ATAS INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAYHAN MUHAMMAD YASIN

Informasi Dasar

189 kali
24.04.1479
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, masyarakat menggunakan perangkat internet, tidak hanya untuk berkomunikasi melainkan juga untuk kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pedagang dan konsumen. transaksi jual beli yang dilakukan antar pedagang dan konsumen sangat efisien. Hal ini sangat menguntungkan bagi pedagang karena bisnis dapat dilakukan tanpa harus menyewa akomodasi. Dengan memanfaatkan internet pedagang dapat membuat situs sendiri yang disebut dengan website. Situs web sendiri adalah dokumen yang ditulis dalam format hypertex markup language dan diakses melalui HTTP untuk mentrasfer informasi dari web server agar dapat ditampilkan kepada pengguna melalui web browser dalam bentuk statis. Di Indonesia ada suatu Lembaga yang mengurus penggunaan domain website milik Indonesia sendiri. PANDI ( Pengelola Nama Domain Indonesia) memiliki kewenangan dalam merumuskan kebijakan dan membuat domain .id. di Indonesia. Penggunaan nama domain di Indonesia saat ini masih di dominasi oleh .com. peran PANDI adalah mengalihkan penggunaan nama domain .com ke .co.id agar identitas Indonesia hadir di website tersebut. Karena masyarakat lebih familiar dengan domain .com, PANDI menghadapi tantangan untuk menarik perhatian masyarakat agar membuat domain di PANDI. Untuk meningkatkan penjualan produk .id di Indonesia, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan post-positivisme yang dengan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PANDI menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang terdiri dari 7 strategi. Dari 7 strategi tersebut, PANDI hanya menggunakan 5 strategi yaitu sales promotion, personal selling, sponsorship, dan advertising, sementara 2 strategi lainnya tidak digunakan. Dalam pemasaran produk domain, PANDI hanya berperan sebagai perumus dan menjualkan produk melalui registrar.

Kata Kunci : Transaksi Jual Beli, Website, PANDI, Strategi Komunikasi Pemasaran

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA NAMA DOMAIN INDONESIA (PANDI) REGISTRY NAMA DOMAIN TINGKAT ATAS INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN MUHAMMAD YASIN
Perorangan
Clara Novita Anggraini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini