INTEGRASI FITUR DALAM MEMBANGUN DASHBOARD WEBSITE MONITORING RESOURCE SERVER UNTUK PT. NEURAL TECHNOLOGIES INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIFQI FIRNAWAN

Informasi Dasar

168 kali
24.06.125
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

PT Neural Technologies Indonesia menyediakan solusi optimal untuk berbagai industri, termasuk telekomunikasi, kesehatan, dan pertambangan. Mereka menawarkan layanan menyeluruh untuk bisnis, meliputi IT Solution, Transformasi Digital, Transformasi Berkelanjutan, JustClick ERP, Business Intelligence, dan Power Supply. Dengan pertumbuhan perusahaan atau instansi yang menggunakan jaringan komputer, kompleksitas sistem jaringan juga meningkat. Pengelolaan dan monitoring kinerja server sangat penting untuk memastikan layanan yang tersedia tetap andal, dan efisien. Tujuan dari perancangan dan pengembangan dashboard monitoring adalah merancang sebuah sistem yang sesuai dengan fitur yang telah di sepakati dengan menggunakan perangkat lunak yang relevan serta mensimulasikan desain dan implementasi dashboard monitoring resource server menggunakan framework Bootstrap dan Django sebagai tools dasar dari sistem.
        Website monitoring resource server dirancang berdasarkan beberapa tools lainnya seperti InfluxDB, Proxmox, Python, telegraf, dan tools pendukung lainnya. Kemudian website monitoring resource server ini dirancang melaui 3 proses yaitu data processing, visualisasi dashboard, management user access dan alerting. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini mencakup riset, analisa, desain, instalasi, konfigurasi, implementasi, monitoring, dan management. Website monitoring resource server memiliki empat komponen utama dalam monitoring nya yaitu cpu usage, memory usage, disk read dan disk write. Empat komponen tersebut kemudian dijadikan sebuah metrics yang dikumpulkan oleh collector yaitu InfluxDB untuk selanjutnya dilakukan visualisasi.
        Hasil perancangan ini berupa visualisasi metrics menjadi sebuah fitur grafik interaktif dan juga tabel monitoring agar memudahkan pengguna dalam membaca suatu anomali yang terjadi pada resource server. Fitur utama dari visualisasi grafik tersebut adalah cpu summary utilization, top standing usage, server resources trend, dan heat table. Pada grafik top standing dan heat table dilengkapi dengan threshold berupa apabila penggunaan cpu dan memory diatas 80% maka akan memberikan indikatior server dalam kondisi critical, lalu apabila resource tersebut diatas 70% maka akan memberikan indikator kondisi warning, dan apabila resource server dibawah 70% maka akan memberikan indikator aman (normal). Pada pembahasan kali ini juga dibahas mengenai tren penggunaan resource server berdasarkan waktu tertentu untuk melakukan analisa mengenai anomali dari resource server. Dengan dirancangnya sistem ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya IT bagi PT. Neural Technologies Indonesia, dengan memberikan alat yang efektif untuk mengawasi dan memelihara kinerja server. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada pengguna tetap optimal dan bebas dari gangguan.
 
Kata Kunci: real-time, monitoring, resource server.

Subjek

JARINGAN TELEKOMUNIKASI
 

Katalog

INTEGRASI FITUR DALAM MEMBANGUN DASHBOARD WEBSITE MONITORING RESOURCE SERVER UNTUK PT. NEURAL TECHNOLOGIES INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
iv, 50p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI FIRNAWAN
Perorangan
Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • VTI1D2 - BENGKEL PEMOGRAMAN I
  • VTI1K2 - BENGKEL PEMOGRAMAN II
  • VTI2L3 - JARINGAN DATA BROADBAND
  • VTI2K3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI BROADBAND

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini