Saat ini, kehadiran teknologi akan terus menerus berkembang dan memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Kehadiran teknologi akan membantu dalam menemukan informasi, berkomunikasi, dan membantu hal-hal lainnya yang juga sangat penting. Salah satu bentuk teknologi yang berkembang saat ini yaitu sosial media seperti Instagram, Instagram merupakan media yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi bagi suatu perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa. Instagram dapat dijadikan media komunikasi pemasaran, Komunikasi pemasaran sangat penting untuk menginformasikan beberapa informasi terkait produk atau jasa untuk meningkatkan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode SOSTAC pada promosi sosial media Instagram di Hotel Lingian & Convention Telkom University. Data dikumpulkan dengan melakukan metode triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi dari Lingian Hotel dan juga perusahaan pesaing. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan penelitian deskriptif maka perlu dilakukan analisis objek suatu penelitian secara detail. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penerapan metode SOSTAC untuk pelaksanaan promosi sosial media Instagram pada @lingianhotelconvention sangat dibutuhkan dan dapat meningkatkan insight Instagram dan juga peningkatan penjualan.
Kata Kunci : Teknologi, Internet, Sosial Media, Instagram, Metode SOSTAC, Komunikasi Pemasaran