Magang merupakan komponen penting dalam pendidikan tinggi, memberikan mahasiswa pengalaman praktis sebelum lulus. Namun, pengelolaannya seringkali menghadapi masalah koordinasi, pelacakan, dan evaluasi, terutama di Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom Bandung, dengan 438 mahasiswa semester 5 pada tahun ajaran 2023/2024 tercatat mengikuti magang. Pengelolaan yang masih manual meningkatkan risiko duplikasi dan kesalahan data, sehingga diperlukan sistem informasi untuk meningkatkan pengelolaan magang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegunaan website magang di Fakultas Ilmu Terapan dan mengembangkan desain UI/UX untuk fitur informasi lowongan, pengelolaan lowongan, dan jadwal seleksi bagi pengguna admin. Desain dilakukan dengan metode User Centered Design, yang melibatkan identifikasi konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna dan organisasi, pengembangan solusi desain, serta evaluasi desain menggunakan heuristic evaluation oleh tiga evaluator berpengalaman. Evaluasi awal menunjukkan nilai rata-rata severity rating pada HE1 dan HE5 sebesar 3 (masalah kegunaan mayor). Setelah perbaikan, nilai tertinggi menurun menjadi 1 (kosmetik), menunjukkan peningkatan kegunaan desain.Evaluasi heuristik mengindikasikan bahwa perbaikan desain berhasil mengurangi masalah kegunaan dan meningkatkan kegunaan website magang di Fakultas Ilmu Terapan. Disarankan agar penelitian selanjutnya memperluas evaluasi dengan usability testing untuk lebih memahami perspektif dan kebutuhan pengguna.
Kata Kunci: Pengelolaan Magang, User Interface, User Experience, User Centered Design, Heuristic Evaluation.