KERANGKA INTEGRASI SISTEM PENGAWASAN UJIAN PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KREDIBILITAS DI UNIVERSITAS TELKOM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD BAMBANG HIDAYANTO

Informasi Dasar

298 kali
24.05.201
004.2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pengawasan ujian daring dan integrasi sistem pembelajaran daring atau online learning (OL) menjadi komponen krusial dalam mendukung Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang kredibel di Perguruan Tinggi (PT) . PJJ, yang telah berkembang pesat akibat kemajuan teknologi dan kebutuhan global, menghadapi tantangan dalam menjaga integritas akademik, khususnya dalam evaluasi dan ujian. Masalah ini mencakup potensi kecurangan, tantangan dalam mempertahankan standar akademik, serta kebutuhan adaptasi teknologi dan infrastruktur. Regulasi pemerintah dan inisiatif global menggarisbawahi pentingnya pendekatan inovatif dalam OL untuk memastikan kualitas dan kredibilitas pendidikan. Fleksibilitas pendidikan melalui praktik OL, kurikulum pendidikan berbasis digital, dan  jaminan mutu dari capaian pendidikan, merupakan beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian bagi PT untuk menyikapi potensi PJJ sebagai model bisnis pendidikan. Oleh sebab itu, integrasi sistem pembelajaran dan sistem pengawasan diharapkan dapat mengatasi permasalahan utama mengenai fleksibilitas dan inovasi pendidikan berbasis teknologi, dengan memperluas cakupannya dalam konteks tata kelola berbasis layanan, yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan PT. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi integrasi sistem pengawasan ujian daring dengan sistem pembelajaran daring di PT sebagai model bisnis pendidikan yang berkelanjutan, sekaligus mengatasi tantangan integritas akademik. Menggunakan metode grounded theory dan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, simulasi, dan kuesioner, untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, dan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka integrasi sistem pengawasan dan OL dapat meningkatkan kredibilitas PJJ di PT, melalui pengukuran yang dilakukan pada 4 (empat) indikator dari aspek Partisipasi dan 5 (lima) indikator dari aspek Orientasi Manajemen, dengan menghasilkan skor sebesar 3,11 dari skala 4.

Subjek

THESIS
 

Katalog

KERANGKA INTEGRASI SISTEM PENGAWASAN UJIAN PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KREDIBILITAS DI UNIVERSITAS TELKOM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xxv, 176p.:il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD BAMBANG HIDAYANTO
Perorangan
Muharman Lubis, Deden Witarsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ISI6T6 - TESIS MAGISTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini