SMART SHOPPING CART BASED ON RETAIL PRODUCT RECOGNITION WITH CLOUD POWERED BY WEBSITE TECHNOLOGYSMART SHOPPING CART BASED ON RETAIL PRODUCT RECOGNITION WITH CLOUD POWERED BY WEBSITE TECHNOLOGY - Dalam bentuk buku karya ilmiah

JONATHAN VITO SETIAWAN

Informasi Dasar

123 kali
24.04.1801
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk cara berbelanja. Supermarket dan toko ritel lainnya terus mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah antrian panjang di kasir, yang seringkali menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelanggan dan membatasi efisiensi keseluruhan toko.
Untuk pengembangan dalam dunia ritel, Ada beberapa solusi yang telah dipertimbangkan dalam Capstone design ini dengan membandingkan beberapa solusi yang diajukan melalui penilaian sistem sehingga terpilih satu solusi yang menghadirkan sebuah inovasi yaitu Smart Shopping Cart yang berbasis object recognition dan motion detection yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan berbelanja pada toko ritel. Sistem ini menggabungkan teknologi pengenalan objek dan deteksi gerakan dalam satu algoritma yang secara otomatis dapat mengenali produk ritel yang dimasukkan atau dikeluarkan dari keranjang belanja oleh pelanggan. Sistem ini mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam keranjang belanja untuk membuat proses berbelanja yang efisien, nyaman, dan interaktif bagi para pelanggan. Selain itu, Smart Shopping Cart ini terhubung dengan cloud yang didukung oleh teknologi situs web dan aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh pengguna selama melakukan kegiatan perbelanjaan.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Smart Shopping Cart memiliki kinerja yang baik. mAP terbaik yang diperoleh untuk seluruh kelas yaitu mencapai 98,7% pada proses pelatihan epoch ke-100. Smart Shopping Cart mendapatkan penilaian positif dari pengguna dengan nilai rata-rata SUS sebesar 80. Smart Shopping Cart berhasil melewati skenario pengujian yang ditentukan, menunjukkan kinerja yang optimal dan memenuhi kebutuhan dan harapan para pengguna. Namun terdapat kendala pada performa deteksi objek dan deteksi pergerakan apabila intensitas pencahayaan di lingkungan sekitar keranjang belanja <100-1000 Lux.

Kata kunci : Smart Shopping Cart, Object Recognition, Motion Detection, Efisiensi Berbelanja, Pengalaman Pelanggan.

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

SMART SHOPPING CART BASED ON RETAIL PRODUCT RECOGNITION WITH CLOUD POWERED BY WEBSITE TECHNOLOGYSMART SHOPPING CART BASED ON RETAIL PRODUCT RECOGNITION WITH CLOUD POWERED BY WEBSITE TECHNOLOGY - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvii, 82p.:il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JONATHAN VITO SETIAWAN
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini