Slice Math: Aplikasi Game Pembelajaran Matematika Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Teknologi Virtual Reality - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FARGY SEPTIARI MUNIR

Informasi Dasar

141 kali
24.04.1882
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Matematika sering dianggap sebagai salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa di Indonesia. Hal ini menyebabkan minat belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi yang diminati oleh generasi saat ini, khususnya Virtual Reality (VR) ke dalam pembelajaran matematika. Harapannya, pendekatan ini dapat meningkatkan minat siswa serta mengurangi stigma negatif terhadap matematika. Batasan penelitian ini terletak pada penggunaan teknologi VR sebagai media dalam pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan solusi dengan mengimplementasikan Game Development Life Cycle (GDLC) sebagai metode untuk membatu dalam proses pengembangan permainan ini. Proses pengembangan aplikasi ini mencangkup perancangan, implementasi, dan pengujian. Spesifikasi aplikasi game ini didasarkan pada aspek teknis dan pendidikan, meliputi desain objek, implementasi symbolic Artificial Intelligence, sound design, dan interest of subject learning. Dilakukan verifikasi terhadap spesifikasi yang ditentukan untuk menganalisis kinerja dan memastikan aplikasi memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Persentase indeks hasil pengujian beta yang dihasilkan dari penelitian ini mencapai 94,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi masuk ke dalam kategori “Sangat Diterima” berdasarkan kriteria kelayakan yang ditetapkan. Selain itu pada uji alpha fitur-fitur yang ada di aplikasi ini juga berjalan dengan baik. Umpan balik dari responden juga mengindikasikan kepuasan terhadap aplikasi ini dan merasa tertarik dengan implementasi teknologi Virtual Reality ke dalam pembelajaran matematika. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini mendukung bahwa dengan integrasi teknologi VR dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Matematika, Virtual Reality, Permainan Edukasi, Teknologi.

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

Slice Math: Aplikasi Game Pembelajaran Matematika Berbasis Artificial Intelligence Menggunakan Teknologi Virtual Reality - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvi;63p;ill;pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARGY SEPTIARI MUNIR
Perorangan
Suryo Adhi Wibowo, Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini