Carbon emission disclosure merupakan aktivitas yang dilaksanakan perusahaan untuk mencatat, mengakui, mengungkap, dan mengukur jumlah emisi karbon yang perusahaan. Carbon emission mengacu pada pelepasan gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan gas lain ke atmosfer yang berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Pengungkapan yang dilakukan perusahaan berguna untuk memberikan informasi kepada publik serta sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan operasional perusahaan, namun masih terdapat perusahaan yang tidak melaporkan carbon emission disclosure, sehingga berdampak pada lingkungan dan reputasi perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh simultan dan parsial variabel green investment, media exposure, dan profitabilitas terhadap carbon emission disclosure pada sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan regresi data panel. Total sampel dalam penelitian ini sejumlah 9 perusahaan sehingga didapat 45 data observasi yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi data panel menggunakan Eviews 12. Hasil analisis menunjukkan bahwa green investment, media exposure, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap carbon emission disclosure. Pengaruh parsial menunjukkan bahwa media exposure berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure, sedangkan green investment dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure. Penelitian ini diharapkan membantu perusahaan untuk selalu melakukan publikasi terkait carbon emission disclosure pada berbagai media yang dimiliki sehingga dapat membantu menjaga dan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan terkait kinerja lingkungan.
Kata Kunci: Carbon Emission Disclosure, Green Investment, Media Exposure, Profitabilitas.