Kemajuan teknologi semakin canggih membuat masyarakat mengikuti arus perubahan tersebut. Transformasi digital tidak hanya mencakup aspek teknis, tetapi juga berdampak pada pola interaksi dan literasi informasi pengguna, terutama dari berbagai generasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali perbedaan dalam literasi informasi antar generasi yaitu generasi Baby Boomers, X, Y, dan Z dengan melibatkan 24 responden untuk melakukan observasi tampilan salah satu media berita online di Indonesia yaitu Kompas.id. Seiring perkembangan jaman, Kompas.id terus mencoba untuk melakukan perubahan, salah satu perubahannya adalah mengubah tampilan pengguna (user interface) dalam websitenya dan membagi 2 versi yaitu website dan ePaper. Tampilan sangat mempengaruhi minat baca setiap generasi, sehingga observasi perilaku terhadap elemen-elemen visual dan interaktif menjadi bagian penekanan dalam penelitian ini. User experience produk yang baik tidak akan membingungkan pengguna, baik dari tampilan tatap muka yang friendly dan mudah diakses. User experience yang kurang baik akan berpengaruh pada loyalitas pembaca. Penelitian ini prosesnya menggunakan kerangka kerja design audit yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang pola interaksi dalam memperoleh informasi untuk setiap generasi dengan analisis dari aspek desain. Implikasinya adalah sebagai rujukan bagi media massa lain dalam merancang pola desain interaktif yang lebih efektif dengan mempertimbangkan preferensi dan kebiasaan yang berbeda dari setiap generasi.