PENGARUH SCARCITY MESSAGE TERHADAP IMPULSIVE BUYING TIKET KONSER PASCA PANDEMI YANG DIMEDIASI OLEH FOMO DAN HEDONIC VALUE SERTA BANDWAGON SEBAGAI VARIABEL MODERASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HANIFAH PUTRI ELISA

Informasi Dasar

496 kali
24.05.259
658.8342
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini membahas dampak perubahan dalam industri hiburan di Indonesia pasca-pandemi COVID-19, dengan fokus khusus pada konser musik. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yang mempermudah perizinan untuk acara seni dan hiburan, dengan harapan mendukung pemulihan ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis kausalitas dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 210 orang responden yang pernah membeli tiket konser dengan mengambil sampel melalui teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling serta SmartPLS untuk analisis data. Pada penelitian ini, scarcity messages tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying, bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Namun scarcity messages berpengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic value yang dapat meningkatkan impulsive buying karena motivasi hedonis seperti kesenangan dan kepuasan emosional. Efek bandwagon memperkuat hubungan antara scarcity messages dan impulsive buying. Lebih lanjut, FOMO dan hedonic value memediasi secara positif dan signifikan hubungan antara scarcity messages dan impulsive buying, dengan FOMO menciptakan dorongan untuk menghindari kehilangan kesempatan dan hedonic value memberikan kesenangan tambahan saat berhasil mendapatkan tiket. Penelitian ini mengungkap bahwa berbagai faktor psikologis dan sosial berperan dalam mempengaruhi perilaku impulsive buying tiket konser di Indonesia pasca pandemi, terutama pada konsumen Gen Z dan millennials. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perencana acara dan pemasar dalam memahami perilaku konsumen dalam membeli tiket konser. Penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi pada literatur terkait perilaku konsumen dan memberikan landasan untuk penelitian masa depan. Kata kunci : Konser Musik, Scarcity Message, Hedonic Value, FOMO, Bandwagon, Impulsive Buying.

Subjek

CONSUMEN BEHAVIOUR
 

Katalog

PENGARUH SCARCITY MESSAGE TERHADAP IMPULSIVE BUYING TIKET KONSER PASCA PANDEMI YANG DIMEDIASI OLEH FOMO DAN HEDONIC VALUE SERTA BANDWAGON SEBAGAI VARIABEL MODERASI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii.; 176p.: ill,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANIFAH PUTRI ELISA
Perorangan
Mahir Pradana, R. Nurafni Rubiyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI7A2 - MANAJEMEN KINERJA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini