Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh materialism terhadap compulsive buying dengan PayLater use dan online impulse buying sebagai variabel mediasi, serta financial literacy sebagai variabel moderasi. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner online kepada sampel 200 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan SmartPLS 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PayLater use. (2) Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying. (3) Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying. (4) PayLater use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying. (5) Online impulse buying memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying. (6) Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying dengan PayLater use sebagai variabel mediasi. (7) Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying dengan online Impulse buying sebagai variabel mediasi. (8) PayLater use memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap compulsive buying dengan financial literacy sebagai variabel moderasi. (9) Materialism tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap compulsive buying dengan financial literacy sebagai variabel moderasi. (10) Online impulse buying tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap compulsive buying dengan financial literacy sebagai variabel moderasi.
Kata kunci: Materialism, PayLater, Online Impulse Buying, Compulsive Buying, Financial Literacy.