Pola Interaksi Media Sosial Tiktok Mengenai Video Rekomendasi Wisata Kawasan Jogjakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) dengan Metode WordCloud dan Social Network Analysis - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SYARAFINA NURSHADRINA PUTRI

Informasi Dasar

41 kali
24.04.1949
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang vital di Indonesia. Pemerintah meluncurkan program "5 Destinasi Super Prioritas" untuk mendiversifikasi tujuan wisata yang tidak hanya berpusat di Bali. Borobudur, sebagai salah satu dari destinasi super prioritas ini, berpotensi mendorong kunjungan wisata ke daerah sekitar seperti Yogyakarta, Solo, dan Semarang, yang dikenal sebagai wilayah Joglosemar.

Selama pandemi COVID-19, sektor pariwisata mengalami penurunan jumlah wisatawan akibat kebijakan PPKM. Untuk mengatasi tantangan ini, para pelaku wisata beralih ke promosi melalui media sosial, terutama TikTok. Platform ini efektif untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di Joglosemar melalui konten video yang menarik dan informatif.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis big data seperti Social Network Analysis dan WordCloud untuk mengevaluasi respons konsumen terhadap promosi destinasi wisata di Joglosemar. Data dikumpulkan melalui scraping data TikTok, fokus pada interaksi di kolom komentar video rekomendasi wisata. Analisis ini membantu mengidentifikasi pola jaringan interaksi antar pengguna yang merespons konten wisata.

Hasil penelitian memberikan wawasan mengenai pola respon masyarakat terhadap layanan wisata baru melalui interaksi di media sosial. Informasi ini dapat digunakan oleh pelaku pariwisata untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas di destinasi wisata agar lebih menarik bagi wisatawan.

Kata kunci: Pariwisata, Joglosemar, Tiktok, Big Data, Social Network Analysis, WordCloud

Subjek

SOCIAL NETWORK
 

Katalog

Pola Interaksi Media Sosial Tiktok Mengenai Video Rekomendasi Wisata Kawasan Jogjakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) dengan Metode WordCloud dan Social Network Analysis - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii;109p;ill;pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYARAFINA NURSHADRINA PUTRI
Perorangan
Herry Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini