Dalam era bisnis modern saat ini yang semakin kompleks, penetapan strategi menjadi pendorong dalam keberhasilan suatu bisnis. Ide dan segmentasi yang tepat menjadi dasar dalam pembuatan rencana strategi yang efektif. Perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor kunci perusahaan. Dalam situasi seperti ini, perusahaan tidak hanya melihat faktor di dalam perusahaan saja, namun juga harus memperhatikan faktor-faktor eksternal yang mampu memberikan perspektif mendalam dalam mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Fokus pada ide dan inovasi menjadi strategi utama perusahaan yang bergerak dalam sektor pelayanan dan produk. Penelitian ini berfokus pada strategi bisnis yang telah dilakukan oleh UMKM Dibumi Coffee dan menekankan pentingnya Business Model Canvas sebagai alat analisis yang menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai peluang dan ancaman yang diperoleh dari lingkungan eksternal dan berbagai kekuatan dan kelemahan yang diperoleh dari lingkungan internal yang dapat menjadi acuan untuk menentukan strategi bisnis perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan dalam meneliti obyek alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi dan bersifat induktif. Penulis terlibat langsung dalam wawancara terhadap narasumber.
Kata Kunci: Business Model Canvas, UMKM, Strategi bisnis