Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ekuitas merek berbasis konsumen mempengaruhi sikap dan niat konsumen dalam hal electronic word-of-mouth (e-WOM) untuk merek Somethinc. Hipotesis ekuitas merek berbasis konsumen digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi model yang menggambarkan bagaimana sikap, niat, dan e-WOM konsumen untuk merek Somethinc dipengaruhi oleh ekuitas merek berbasis konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dan bersifat kuantitatif. Konsumen Indonesia dari merek tertentu menjadi populasi. Purposive sampling digunakan untuk menentukan ukuran sampel, dan 150 responden memenuhi kriteria sebagai konsumen merek Somethinc saat ini. Dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0, pemodelan persamaan struktural, atau SEM, adalah metode analisis data yang digunakan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Attitude terhadap Merek Somethinc. (2) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Attitude terhadap Merek Somethinc. (3) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Intention untuk Mengikuti e-WOM pada Merek Somethinc. (4) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Intention untuk Mengikuti e-WOM pada Merek Somethinc.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini ditujukan pada brand Somethinc perlu dilakukan upaya untuk memperkuat dan meningkatkan citra merek Somethinc di mata konsumen melalui strategi seperti kampanye iklan yang lebih luas, kehadiran yang kuat di media sosial, dan keterlibatan konsumen aktif. Disarankan penelitian selanjutnya untuk menguji model pada merek lain dan membandingkan hasilnya, serta meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi e-WOM.
Kata Kunci: Consumer-Based Brand Equity, Consumer Attitude, Consumer Intention, dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom)