Analisis Persepsi Publik terhadap Provider Telkomsel melalui Tweet dan Komentar di Media Sosial dengan Pemodelan Topik dan Analisis Sentimen Berbasis Emosi - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AZLIA TIARA PUTRI

Informasi Dasar

84 kali
24.04.1965
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring meningkatnya penggunaan media sosial, Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia sering menerima keluhan dan kritik dari publik. Penting untuk memahami persepsi publik di media sosial terhadap Telkomsel agar perusahaan dapat merespons keluhan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi publik di media sosial terhadap Telkomsel dengan menggunakan pemodelan topik Latent Dirichlet Allocation (LDA) dan analisis sentimen berbasis emosi menggunakan leksikon NRC pada data cuitan di Twitter dan komentar di Instagram, dan Facebook yang dikumpulkan pada 25-31 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi publik terhadap Telkomsel pada media sosial Twitter, Instagram, dan Facebook didominasi oleh keluhan dan ketidakpuasan. Analisis pemodelan topik menunjukkan bahwa pengguna mengalami kesulitan dalam aktivasi paket data, masalah pengisian pulsa yang tidak masuk atau hangus, serta kualitas jaringan yang buruk dan tidak stabil, harga paket yang mahal, adanya masalah teknis seperti bug dan error pada aplikasi MyTelkomsel, dan lambatnya respon layanan pelanggan. Hasil analisis sentimen didominasi sentimen negatif sebesar 53,8% di Twitter dan Instagram dan 66,2% di Facebook. Hasil emosi didominasi oleh emosi kemarahan sebesar 42,75% di Twitter, 47,88% di Instagram, dan 82,22% di Facebook. Temuan ini mengindikasikan adanya persepsi publik yang tidak puas terhadap Telkomsel. Berdasarkan hasil penelitian, Telkomsel perlu meningkatkan kualitas jaringan, sinyal, proses aktivasi, layanan pelanggan, dan sistem program loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: persepsi publik, media sosial, pemodelan topik, analisis sentimen, analisis emosi

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

Analisis Persepsi Publik terhadap Provider Telkomsel melalui Tweet dan Komentar di Media Sosial dengan Pemodelan Topik dan Analisis Sentimen Berbasis Emosi - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi;92p;ill;pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZLIA TIARA PUTRI
Perorangan
Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS
  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EBI3C3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini