PENGARUH MANFAAT DAN PRIVASI YANG DIRASAKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI PRIBADI PADA PLATFORM E-WALLET DI INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HANA ROFIFAH OCTAVIANI

Informasi Dasar

16 kali
24.04.1974
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan pesat internet seluler dan meluasnya penggunaan ponsel pintar, industri keuangan telah mengalami transformasi digital secara pesat dengan menghadirkan berbagai layanan metode pembayaran secara digital yang praktis, aman, dan mudah diakses melalui perangkat mobile. Dilansir dari Goodstats.id melalui Riset East Ventures (EV) mengungkap bahwa e-wallet menjadi metode pembayaran favorit di Indonesia, dengan 81% pengguna pada tahun 2022. Penggunaan layanan e-wallet mengharuskan pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi mereka. Hal ini yang membuka peluang terjadinya penipuan dan phishing melalui perangkat seluler dengan berbagai cara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi kepada layanan e-wallet. Faktor-faktor penelitian ini meliputi, self-presentation, personalized service, convenience, privacy setting control, familiarity, perceived benefit, dan perceived privacy.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan Google Form sebagai media untuk mengisi kuesioner. Data diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4 dengan teknik analisis data yaitu, Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dan Importance-Performance Map Analysis (IPMA).

Berdasarkan temuan outer loading dari SEM-PLS dan IPMA, penelitian menunjukkan bahwa semua faktor mempengaruhi niat pengguna untuk mengungkapkan informasi pribadi. Namun, faktor privacy setting control dari variabel perceived privacy memiliki pengaruh terbesar terhadap intention to disclose personal information. Oleh karena itu, pengguna percaya bahwa memiliki informasi pribadi yang mudah dikontrol akan mempengaruhi niat mereka untuk memberikan informasi pribadi ke e-wallet.

Kata Kunci: E-Wallet, Perceived Benefit, Perceived Privacy, Intention to Disclose Personal Information

Subjek

Information technology
 

Katalog

PENGARUH MANFAAT DAN PRIVASI YANG DIRASAKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI PRIBADI PADA PLATFORM E-WALLET DI INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi.;93p.'pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANA ROFIFAH OCTAVIANI
Perorangan
Candiwan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini