Dalam mendukung gerakan pemerintah making industry 4.0 terhadap 7 sektor industri prioritas yang menerapkan perubahan sistem produksi agar lebih efisien dan fleksibel, dengan menggabungkan campur tangan teknologi digital dan fisik didalamnya. Fokus penelitian ini adalah pada keseluruhan kegiatan di perusahaan dan keterlibatan bantuan teknologi digital didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong transformasi digital dan fase transformasi digital PT. Sami Aji Tekstil selaku perusahaan yang bergerak pada industri tekstil dan produk tekstil dengan menganalisis faktor pendorong transformasi digital agar dapat melihat sejauh mana perusahaan membutuhkan penerapan transformasi digital untuk proses produksinya. Menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pihak internal PT. Sami Aji Tekstil mengenai penerapan transformasi digital perusahaan. Setelah dianalisis menggunakan alat analisis Atlas.Ti didapatkan kesimpulan bahwa Fase yang sedang dilalui PT. Sami Aji Tekstil adalah fase transformasi digital dan yang menjadi faktor pendorong transformasi digital PT. Sami Aji Tekstil adalah kebutuhan perusahaan akan penerapan teknologi digital dalam upaya membantu kegiatan perusahaan, dan sejauh ini perusahaan telah melibatkan teknologi digital dalam kegiatan di perusahaan, seperti mulai memperkenalkan perusahaan melalui media digital untuk meraih pasar yang lebih luas, menghadapi kompetisi digital dengan strategi kooperasi dengan brand naungan dan menyesuaikan pola interaksi dengan konsumen digital. Terdapat Temuan penelitian yang di visualisasikan melalui 5 kategori; Potensi perusahaan, Belum adanya penerapan di perusahaan, Pemanfaatan di Perusahaan, Dampak Positif bagi Perusahaan, dan Hal yang belum dibutuhkan oleh perusahaan.